​Bupati Sumenep Apresiasi Desa Aktif Cegah Penyebaran Covid-19

​Bupati Sumenep Apresiasi Desa Aktif Cegah Penyebaran Covid-19 Bupati Sumenep, Dr. KH. A. Busyro Karim.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Sejumlah desa di Kabupaten Sumenep mulai melakukan upaya pencegahan Corona Virus Disease () di masing-masing daerahnya. Sebut saja Desa Keles, Kecamatan Ambunten dan Desa Kambingan Barat, Kecamatan Lenteng.

Hal ini diapresiasi , Dr. KH. A. Busyro Karim. Ia berharap upaya Pemerintahan Desa (Pemdes) Keles dalam upaya pencegahan penanganan covid-19 tersebut perlu dicontoh desa lain, agar seluruh masyarakat menjaga dan mencegah penyebaran virus itu mulai dari tingkat desa. 

“Kami bangga dan mengapresiasi upaya Pemerintahan Desa (Pemdes) dalam upaya pencegahan penanganan covid-19,” ungkapnya saat memantau posko siaga covid-19 di Desa Kambingan Barat, Kecamatan Lenteng, Selasa (07/04/2020).

Desa bisa melakukan upaya pencegahan seperti menyediakan tempat mencuci tangan di setiap rumah dan mengimbau warga yang datang dari luar daerah untuk melakukan isolasi mandiri. Mencegah penyebaran Virus harus atas kesadaran bersama sehingga tidak hanya dilakukan pemerintah semata. “Dan sejatinya merupakan tugas kita bersama,” tegasnya.

Pemerintah desa di dua desa itu melakukan upaya pencegahan penyebaran dengan menerapkan protokol. Di antaranya menjaga pintu masuk desa, mendata warga yang keluar dan atau masuk, mengampanyekan rajin mencuci tangan. 

Termasuk juga pencegahan penularan covid-19 dengan menyiapkan tempat isolasi dan langkah antisipasi jika ada warga desa yang menunjukkan gejala terjangkit virus .

Ia berharap seluruh elemen masyarakat menjaga kesehatan diri dan berkomitmen menjaga lingkungan alam, dengan tidak melakukan pengrusakan yang dapat mengganggu ekosistemnya. 

"Selain menjaga kesehatan pribadi, juga harus menjaga lingkungan seperti tidak menebang pohon ilegal, mencemari lingkungan dengan membuang sampah sembarangan dan lainnya, agar tidak berdampak buruk bagi keberlangsungan kehidupan," pungkasnya. (aln/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO