Senin, 01 Maret 2021 05:05

Ketua KPSP Setia Kawan Diduga Sering Ambil Uang KAS untuk Pribadi, Anggota Koperasi Minta Penjelasan

Senin, 30 Maret 2020 01:05 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Supardi
Ketua KPSP Setia Kawan Diduga Sering Ambil Uang KAS untuk Pribadi, Anggota Koperasi Minta Penjelasan
M. Riduwan, Ketua LSM Garda Pantura.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Manajemen Koperasi Peternakan Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan terus diterpa isu tak sedap. Usai dugaan pelepasan aset yang bermasalah, kali ini suara sumbang muncul dari sejumlah anggota KPSP tersebut.

Manajemen keuangan KPSP Setia Kawan yang memiliki 6.000 anggota itu dinilai kurang transparan. Hal ini disampaikan salah satu anggota yang juga pengurus KPSP Setia Kawan kepada M. Riduwan, Ketua LSM Garda Pantura.

Menurut Riduwan, sumber yang meminta namanya tak dipublikasikan tersebut menuding Ketua Umum KPSP Setia Kawan H. Kusnan, dan H. Farhan, Manajer sekaligus merangkap Bendahara, sering mengeluarkan uang kas koperasi untuk tujuan yang tak jelas.

"Keduanya diduga sering melakukan persekongkolan mengeluarkan kas koperasi tanpa penggunaan yang jelas. Bahkan, belakangan ada rumor di kalangan anggota koperasi akan menanyakan pengeluaran yang kalau ditotal sudah mencapai Rp 8 miliar. Uang tersebut menguap tanpa kejelasan," jelas Riduwan.

"Mereka akan beramai-ramai mendatangi KPSP Setia Kawan untuk meminta kejelasan dana sebesar Rp 8 miliar itu agar dipertanggungjawabkan Ketua Umum H. Kusnan dan Bendahara H. Farhan," tambahnya.

"Anggota yang melapor kepada saya mengatakan bahwa H. Kusnan jika ada kepentingan pribadi tidak segan-segan asal perintah bendahara (H. Farhan, Red) agar mengeluarkan kas KPSP Setia Kawan. Dan, H. Farhan selalu menuruti perintah Ketua Umum KPSP Setia Kawan, sehingga banyak uang anggota koperasi keluar tanpa kejelasan," terangnya.

"Saya melihatnya ada kesan bahwa kalangan pengurus lain sebagai boneka, selalu diabaikan dalam hal pengeluaran keuangan. Seperti kas koperasi hingga Rp. 8 miliar tidak jelas peruntukannya. Ada dugaan dikorupsi," kata Riduwan.

Di sisi lain, hingga kini H. Kusnan belum bisa dihubungi untuk konfirmasi terkait hal ini. Saat dihubungi melalui telepon maupun pesan pendek, yang bersangkutan tak menjawab.

Bahkan dua kali didatangi di kantornya, KPSP Setia Kawan, H. Kusnan juga tak pernah ada di tempat. Salah satu petugas resepsionis mengatakan jadwal H. Kusnan ke kantor tak menentu.

"Bapak (H. Kusnan-Red) baru saja menjalani operasi pemasangan ring, sehingga perlu waktu banyak istirahat. Ngantor-nya hari tertentu," kata petugas tersebut.

Sedangakan Ketua I KPSP Setia Kawan H. Sulistiyo, dan Ketua II H Juriyanto yang juga anggota DPRD Kabupaten Pasuruan di Komisi I juga belum menjawab saat dihubungi untuk konfirmasi terkait hal ini. Pesan WhatsApp yang dikirim BANGSAONLINE.com tidak dibalas, meski tampak sudah dibaca. (par/rev)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 28 Februari 2021 10:23 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE com - Rakyat Indonesia sudah lama menunggu karya anak bangsa. Dalam segala bidang. Termasuk vaksin. Agar tak selalu tergantung pada bangsa lain.Nah, saat semua negara panik karena pandemi Covid-19, lahir vaksin nusantara, karya...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...