Terapkan Social Distancing, Rapat Paripurna akan Digelar Lewat Teleconference

Terapkan Social Distancing, Rapat Paripurna akan Digelar Lewat Teleconference ILUSTRASI: Rapat Paripurna di gedung DPRD Trenggalek, beberapa bulan yang lalu.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya mencegah penyebaran (Corona Virus Disease 19), DPRD Trenggalek berencana menggelar rapat paripurna melalui teleconference.

Rencana ini disampaikan oleh Ketua DPRD Trenggalek, Samsul Anam, saat ditemui di gedung dewan, Selasa (24/3).

"Hari Kamis (26/3) nanti, akan kita gelar rapat paripurna melalui teleconference," kata Samsul Anam usai rapat internal di gedung DPRD Trenggalek.

Dijelaskan oleh Samsul Anam, rapat paripurna melalui teleconference ini upaya mencegah penyebaran di lingkup DPRD Trenggalek. Selain itu, juga mengacu Tata Tertib DPRD nomor 01 tahun 2020, yang menyebut dalam keadaaan darurat atau luar biasa, DPRD bisa menyelenggarakan rapat di luar gedung.

"Alasan lain, rapat paripurna ini diselenggarakan dalam rangka memenuhi tugas pokok fungsi dewan. Karena dalam kondisi apapun, dewan harus tetap mengedepankan kepentingan rakyat," katanya.

Sebab, lanjut Samsul Anam, ada pembahasan di lembaga DPRD yang dibatasi oleh waktu dan harus ditetapkan. Antara lain pembahasan LKPJ Bupati dan pembahasan beberapa perda seperti perda RTRW, SOTK, dan Perda penggabungan BPR.

"Selama ini, bila kita menggelar rapat paripurna itu kan mengumpulkan banyak orang. Nah sesuai arahan pemerintah pusat tentang social distancing, maka kita laksanakan arahan tersebut," jelasnya.

"Jadi nanti yang ada di ruang paripurna itu ya cuma unsur pimpinan dewan dan ketua fraksi. Sementara untuk anggota DPRD, OPD, dan tamu undangan, bisa mengikuti rapat paripurna di tempat mereka masing-masing, tidak perlu harus datang di gedung DPRD ini," terangnya. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO