Senin, 18 Januari 2021 04:51

Darurat Covid-19, Upacara Puncak Hari Jadi Kediri Bakal Ditiadakan

Senin, 16 Maret 2020 20:09 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Darurat Covid-19, Upacara Puncak Hari Jadi Kediri Bakal Ditiadakan
Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Bambang Triono Putro (kiri) dan Direktur RSUD SLG dr Eko Hariyadi, saat memberi keterangan kepada wartawan, Senin (16/3).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri dinyatakan siaga darurat bencana Covid-19. Untuk itu, segala bentuk kegiatan yang mengundang banyak orang terpaksa ditunda atau ditiadakan. Termasuk Upacara Puncak Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1.216 pada tanggal 25 Maret 2020 mendatang.

"Padahal rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri sudah terjadwal hingga bulan April 2020. Ya bagaimana lagi, semua kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, harus dibatalkan atau ditunda bagi kegiatan yang bisa ditunda," kata Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno kepada Wartawan, Senin (16/3).

Didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Bambang Triono Putro dan Direktur RSUD SLG dr Eko Hariyadi, bupati menuturkan langkah-langkah pencegahan virus corona di Kabupaten Kediri yang telah dinyatakan siaga darurat bencana covid-19 adalah dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk hidup sehat antara lain; mengkonsumsi makanan sehat, gizi seimbang, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga. Juga membiasakan cuci tangan memakai sabun, menghindari kontak fisik antara lain bersalaman/cipika-cipiki," terang Haryanti.

Masih menurut bupati, jika masyarakat sedang menderita batuk pilek, untuk memakai masker dan apabila batuk/bersin agar menutup mulut dan hidung dengan tisu, sapu tangan atau lengan dalam.

"Apabila menderita batuk, pilek disertai demam segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat," ujarnya.

Pendidikan TK, SD, dan SMP, lanjut bupati, diliburkan mulai tanggal 16-29 Maret 2020. Para siswa diminta untuk belajar di rumah. 

"Kami juga mengimbau kepada lembaga pendidikan non formal untuk diliburkan," tambahnya.

Langkah berikutnya adalah dengan menghentikan kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang, misalkan CFD, pentas seni, pertandingan olahraga, tempat wisata dan upacara/apel bersama.

"Segera disusun SOP penerimaan pasien di RSUD Kabupaten Kediri sebagai RS rujukan penanganan covid-19. Apabila masyarakat membutuhkan informasi terkait covid-19 bisa menghubungi Dinas Kesehatan dan pukesmas terdekat," pungkasnya. (uji/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...