Komisi B Dukung Pembangunan Cold Storage Kota Batu

Komisi B Dukung Pembangunan Cold Storage Kota Batu H. Hari Danah Wahyono, Ketua Komisi B DPRD Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Rencana pembangunan gudang dan cold storage hasil pertanian senilai Rp 20 miliar di Bumiaji, Kota Batu mendapat tanggapan Komisi B DPRD Kota Batu. Ketua Komisi B, Hari Danah Wahyono menegaskan sangat mendukung program Pemkot Batu itu, dengan catatan hal itu bisa menguntungkan petani.

"Saya sangat mendukung pengadaan gudang dan cold storage hasil pertanian ini. Yang penting keberadaan cold storage bisa menguntungkan petani," ujar Hari Danah Wahyono, Selasa (3/3).

Nantinya, petani bisa menyimpan sebagian hasil pertanian di gudang dan cold storage sambil menunggu harga kembali stabil. Sebab, saat panen raya biasanya harga jual hasil pertanian turun.

"Saya berharap pemerintah daerah tidak hanya membangun gudang dan cool storage saja tetapi harus diimbangi dengan pemeliharaannya juga," harap politikus Gerindra ini.

H. Nur Ali, anggota Komisi B lainnya, juga menyambut baik pembangunan gudang dan cold storage tersebut. Pasalnya, para petani sangat mengharapkan hal itu untuk mengantisipasi kerusakan sayur dan buah saat panen besar tiba.

"Itu memang harapan petani mas. Jadi untuk mengantisipasi kerusakan hasil tani, mereka berharap ada tempat sebagai penampungan terutama saat panen besar," ujarnya sembari berharap anggaran pengadaan gudang dan cold storage ini bisa transparan.

Sementara itu, Kadis Pertanian Kota Batu Sugeng Pramono mengatakan keberadaan cold storage di Kota Batu, khususnya di daerah sentra pertanian sangat penting. Hal itu sejalan dengan permintaan petani yang ingin menyimpan hasil taninya yang melimpah saat musim panen tiba.

"Maunya teman-teman petani seperti itu. Mereka sangat berharap adanya cold storage itu. Apalagi saat hasil panen melimpah, mereka maunya disimpan dulu, karena biasanya kalau hasil tani melimpah harga-harga masih belum stabil," ujarnya sembari menambahkan, saat ini rencana pembangunan gudang dan cold storage di Kota Batu masih dalam kajian Bappelitbangda Kota Batu. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO