Demo Pencemaran Limbah Peternakan PT Greenfields, Mahasiswa Bawa Kotoran Sapi ke Gedung DPRD

Demo Pencemaran Limbah Peternakan PT Greenfields, Mahasiswa Bawa Kotoran Sapi ke Gedung DPRD Aksi teatrikal yang digelar para aktivis PMII di depan gerbang Utara gedung DPRD Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Blitar Raya menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Kabupaten Blitar, Kamis (27/2/2020).

Aksi unjuk rasa PMII Blitar ini menyusul pencemaran lingkungan limbah kotoran sapi dari sebuah peternakan di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Dalam aksinya, mereka membawa susu dan kotoran sapi. Sebagai simbol limbah yang mencemari lingkungan di sekitar lokasi peternakan.

Mereka juga melakukan aksi teatrikal tepat di depan gerbang utara gedung DPRD Kabupaten Blitar.

Ada lima tuntutan yang disampaikan massa aksi. Pertama meminta hasil audiensi Komisi III DPRD Kabupaten Blitar dengan pihak peternakan, mengembalikan hak-hak penggunaan sungai warga yang tercemar limbah, mengoptimalkan peran Komisi III DPRD Kabupaten Blitar dalam pembenahan Amdal, segera memberi sanksi kepada peternakan jika tidak bisa menyelesaikan masalah limbah, dan harus ada sidak rutin di lokasi pencemaran.

"Tujuan kami menuntut Komisi III DPRD Kabupaten Blitar agar segera menyelesaikan masalah peternakan sapi PT Greenfields. Karena kita tahu mereka sepertinya kurang bisa diajak komunikasi, sehingga kalau bisa justru segera diberi sanksi. Sebelum aksi ini, kami sudah ke lapangan. Kami menemukan sungai masih tercemar kotoran sapi seperti tidak ada solusi. Bahkan ada sungai yang lokasi pencemaran di sekitar SD, jadi sangat mengganggu proses belajar mengajar," tegas korlap aksi Agus Efendi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO