Sabtu, 28 Maret 2020 18:26

DPRD dan Pemkab Blitar Sepakat Beri Waktu Sepekan PT Greenfields Tangani Limbah Kotoran Sapi

Rabu, 29 Januari 2020 22:23 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Akina Nur Alana
DPRD dan Pemkab Blitar Sepakat Beri Waktu Sepekan PT Greenfields Tangani Limbah Kotoran Sapi
Hearing antara DPRD, Pemkab Blitar, dan perwakilan peternakan sapi PT Greenfields, Rabu (29/1/2020).

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar dan Pemkab Blitar sepakat memberikan waktu sepekan kepada PT Greenfields untuk program percepatan penanganan limbah. Hal ini disepakati dalam hearing antara DPRD, Pemkab Blitar, dan perwakilan peternakan sapi PT Greenfields, Rabu (29/1/2020).

Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Blitar Panoto mengatakan, dalam hearing masing-masing yang dihadirkan diberikan waktu untuk memberikan penjelasan. Hasilnya, dewan dan Pemkab Blitar dalam hal ini Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha sepakat untuk memberikan waktu hingga pekan depan kepada PT Greenfield untuk membuat program percepatan penanganan limbah.

Selama percepatan penanganan limbah ini, DPRD menyarankan agar peternakan sapi PT Greenfields untuk mengurangi jumlah ternaknya. Sehingga volume limbah yang dihasilkan juga ikut berkurang.

Sebelumnya, DPRD sudah pernah mengundang peternakan sapi PT Greenfields untuk membahas masalah limbah yang banyak dikeluhkan warga tersebut. Pertemuan kali ini sebenarnya bertujuan untuk mendengarkan progres penanganan limbah.

Namun ternyata, tidak ada perkembangan dalam menangani limbah. Terbukti, keluhan masyarakat atas dampak limbah itu justru semakin banyak. Ternyata yang disampaikan pihak PT Greenfields hanya sebatas rencana program penanganan limbah.

"Ini sangat jauh dari harapan kami. Padahal seperti yang kita tahu, kondisi di lapangan sangat serius dan perlu solusi cepat," tegas Panoto.

Sementara Head Of Diary Farm PT Greenfields, Heru Prabowo yang hadir dalam hearing tersebut mengatakan pihaknya akan membicarakan lebih lanjut rekomendasi yang diberikan dewan.

"Terkait rekomendasi ini saya harus koordinasi dengan tim operasional yang ada di peternakan bagaimana secara teknis bisa dilakukan terkait pengurangan populasi ternak sampai memenuhi kapasitas pengolahan limbah," ungkap Heru.

Heru mengaku selama ini pihak peternakan terus melakukan pembenahan terkait pengelolaan limbah kotoran sapi. Yakni, mendaur ulang limbah padatnya dijadikan pasir untuk pupuk, kemudian limbah cairnya dialirkan untuk penanaman rumput odot (rumput gajah pendek) sebagai pakan ternak bekerja sama dengan warga sekitar, dengan sistem saling menguntungkan.

"Kita serius menangani limbah dan banyak hal yang sudah kami lakukan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya sejumlah aliran sungai yang berada di bawah peternakan sapi PT Greenfields di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi berubah warna menjadi kecoklatan. Tak hanya itu, aliran sungai yang dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari itu juga berbau mirip kotoran sapi.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 02:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*84. Qul kullun ya’malu ‘alaa syaakilatihi farabbukum a’lamu biman huwa ahdaa sabiilaan.Katakanlah (Muhammad), “Setiap orang berbuat sesuai dengan pembawaannya masing-masing.” Maka Tuhanmu lebih mengeta...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...