​Viral, Video Pimpinan Pondok Modern Gontor Berapi-Api Minta Kiai Jangan Diajari Pancasila

​Viral, Video Pimpinan Pondok Modern Gontor Berapi-Api Minta Kiai Jangan Diajari Pancasila KH Hasan Abdullah Sahal. foto: istimewa

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Rekaman video pidato KH Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Modern Ponorogo Jawa Timur, viral. Dalam video itu Kiai Hasan Abdullah Sahal secara berapi-api minta kiai jangan diajari . Sebab itu ada di pesantren.

“Kalau mau mencari datanglah ke , datanglah ke pondok pesantren. Kalau mau mencari kebangsaan masuklah ke pondok pesantren. Di sanalah kebangsaan. Kalau mau tahu pilar kebangsaan datanglah ke pesantren. Pesantren adalah guru kebangsaan, guru pilar kebangsaan,” tegas Kiai Hasan Abdullah Sahal yang disambut tepuk tangan audiens yang hadir. Kiai Hasan Abdullah Sahal tampak pidato di atas podium. Video ini beredar di grup-grup WhatsApp (WA). BANGSAONLINE.com menerima video ini, Senin (24/2/2020).

Ia menegaskan, jika pesantren diajari justru terbalik. “Terbalik kalau pesantren diajar! Terbalik!,” tegasnya lantang.

Menurut ia, ulama tidak perlu diajari tentang kebangsaan dan nasionalisme. “Kiai jangan diajari kebangsaan. Kiai jangan diajari nasionalisme. Karena nasionalisme adanya di pesantren. Pilar-pilar kebangsaan adanya di pesantren. Di luar pesantren, serigala…serigala…serigala…serigala,” katanya lantang.

“Betul?,” tanya Kiai Hasan Abdullah kepada audien yang dijawab betul. “(Diluar pesantren) ... perampok… perampok… bin perampok…,” tegas Kiai Hasan Abdullah Sahal lagi.

Penelurusan BANGSAONLINE.com, video ini beredar di YouTube. Hingga berita ini ditulis (Senin sore/24/2/2020) video itu sudah ditonton 628 orang.

Tampaknya video ini rekaman pidato cukup lama. Tertulis tanggal 22 September di backdrop. Tak jelas, apakah video ini diedarkan pihak tertentu terkait dengan munculnya kontroversi pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi () Prof. Dr. Yudian Wahyudi yang menyebut musuh terbesar adalah agama. Yang kemudian juga disusul dengan pernyataan kontroversi salam .

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO