Selasa, 14 Juli 2020 22:16

​Gubernur Khofifah Minta Maaf atas Bentrok Supporter Persebaya dan Arema di Blitar

Rabu, 19 Februari 2020 09:42 WIB
Editor: MA
Wartawan: MA/Akina Nur Alana
​Gubernur Khofifah Minta Maaf atas Bentrok Supporter Persebaya dan Arema di Blitar
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan keprihatinannya dan permohonan maaf kepada masyarakat Jawa Timur khususnya warga Blitar, atas terjadinya insiden yang melibatkan supporter antar klub yang sedang berlaga dalam semifinal Piala Gubernur di Blitar, Selasa (18.02). Di mana, dalam insiden ini juga mengakibatkan adanya kerusakan mobil dan motor serta adanya aparat kepolisian dan supporter yang terluka.

“Kami mewakili Pemprov Jatim dan pribadi ikut merasa prihatin dan menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya atas adanya insiden antara supporter Persebaya dan Arema yang terjadi sore kemarin di Blitar. Karena, selain menimbulkan kerusakan tentunya juga menimbulkan kerugian bagi warga sekitar,” tutur Khofifah sapaan akrab Gubernur Jatim saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (18/2) malam.

Khofifah menyampaikan, pihaknya telah meminta Bakesbangpol Provinsi untuk berkoordinasi Bakesbangpol Kab/Kota untuk mendata dampak yang terjadi di masyarakat. Utamanya, jika terdapat kerusakan tanaman, sawah, rumah, kebun, serta warung. Di samping itu, jika ada yang terluka dan memerlukan perawatan, maka pembiayaan sepenuhnya akan ditanggung oleh Pemprov Jawa Timur.

“Saya sudah meminta kepada Kepala Bakesbangpol Provinsi untuk segera mendata dampak kerugian yang ditimbulkan. Dan kami juga akan segera melakukan evaluasi untuk masa-masa yang akan datang,” urai gubernur perempuan pertama di Jatim ini.

Selain itu, Khofifah juga menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada para aparat keamanan yang cepat dan sigap bertindak sehingga kerusuhan bisa segera teratasi. “Terhadap pelaku insiden sepenuhnya diserahkan kepada aparat penegak hukum,” tegas orang nomor satu di Jatim ini.

Khofifah berharap, semua pihak khususnya para supporter bisa saling menahan diri agar tidak merugikan diri sendiri dan masyarakat umum. Selain itu, Pemprov Jawa Timur bersama aparatur kepolisian dan TNI akan melakukan langkah-langkah strategis - sinergis jelang pelaksanaan final Piala Gubernur. Semoga semua pihak dapat membangun suasana persatuan penuh kerukunan di bumi Mojopahit - Jawa Timur.

Seperti dilaporkan Akina Nur Alana, wartawan bangsaonline.com di Blitar, kerusuhan pecah saat laga pertandingan semifinal Piala Gubernur 2020 antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC di Stadion Soepriadi Kota Blitar, Selasa (18/2/2020). Sejumlah kendaraan diduga dibakar massa supporter. Kerusuhan terjadi di pertigaan antara Jalan Kalibrantas dan Jalan Kapuas.

Kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela mengaku sebelumnya sudah memprediksi pendukung dari Persebaya maupun Arema FC akan datang ke Kota Blitar dengan jumlah yang tidak sedikit. Meski pertandingan di Stadion Soepriadi digelar tanpa penonton.

"Pendukung dari luar kota semua datang ke Kota Blitar baik dari Arema dan Persebaya. Keduanya secara historis memang punya hubungan kurang baik. Mereka sempat ketemu di pertigaan Jalan Kalibrantas dan Jalan Kapuas, dan terjadi bentrok," terang AKBP Leonard M Sinambela.

Akibat bentrok kedua kubu ini, beberapa mengalami luka. Selain korban luka, beberapa sepeda motor juga dilaporkan terbakar. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Senin, 13 Juli 2020 23:23 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 13 Juli 2020 22:40 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...