Kamis, 28 Mei 2020 04:34

Dinilai Prematur, Hakim PN Gresik Tolak Praperadilan LSM Genpatra

Senin, 17 Februari 2020 13:17 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Dinilai Prematur, Hakim PN Gresik Tolak Praperadilan LSM Genpatra
Suasana sidang praperadilan Genpatra di PN Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Hakim tunggal PN Gresik, Putu Gede Hariyadi, S.H., membacakan putusan sidang praperadilan yang diajukan LSM Gerakan Pemuda Nusantara (Genpatra) Gresik terhadap Kejari Gresik atas penanganan perkara korupsi di BPPKAD Gresik, Senin (17/2).

Sidang dihadiri Dita Aditya, S.H., dan Al Ushudi, S.H. dari dari AHP Law Office selaku kuasa hukum pemohon M. Ali Murtadlo (Ketua Genpatra), dan JPU Andy Rachman.

Dalam keputusan yang dibacakan, bahwa Majelis Hakim tak mengabulkan praperadilan yang diajukan Genpatra. Sebab, praperadilan yang pokok perkaranya agar penanganan kasus korupsi di BPPKAD tak dihentikan dan dilanjutkan tak terbukti.

Kejari Gresik yang menangani kasus tersebut tak terbukti menghentikan penanganan kasus korupsi BPPKAD atau telah mengeluarkan surat perintah penghentian penyidikan (SP3).

Kerena itu, Majelis Hakim menilai bahwa praperadilan yang diajukan Genpatra prematur. Majelis Hakim juga mengungkapkan sejumlah pertimbangan terkait sahnya pengajuan praperadilan.

Di antaranya, seperti bunyi Pasal 77 KUHAP, di mana tentang materi dalam Praperadilan yaitu pada pokok intinya tentang sah atau tidaknya penangkapan, penahanan, penghentian penyidikan atau penghentian penuntutan, ganti kerugian, dan atau rehabilitasi bagi seseorang yang perkara pidananya dihentikan pada tingkat penyidikan atau penuntutan.

Selain itu, dalam ketentuan dari hasil Putusan MK No. 21 tahun 2014, salah dalam menentukan tersangka juga dapat menjadi materi praperadilan.

Sementara kuasa hukum Genpatra Al Ushudi, S.H. mengakui praperadilan yang diajukan Genpatra tak dikabulkan hakim lantaran dianggap masih prematur.

Untuk itu, ia menegaskan akan melakukan upaya hukum lagi kalau dalam penanganan kasus korupsi di BPPKAD Gresik tak ada tindak lanjut. "Masih banyak cara. Tetap semangat. Kita tetap akan berjuang," katanya menyemangati massa Kompak yang ikut mengawal sidang.

Ia menjelaskan, keputusan hakim menolak permohonan praperadilan berupa NO (niet onvankelijkverlaakd) dengan alasan belum ada penghentian penyidikan dari Kejaksaan sebagaimana dalam KUHAP. "Padahal, yang kita mohonkan adalah penghentian penyidikan secara materiil, bukan secara formil yang diatur KUHAP. Karena sebagaimana fakta hukum putusan judex factie, Mukhtar menyebutkan banyak peran yang terlibat dan menerima korupsi di BPPKAD," ungkapnya.

"Dengan diputusnya NO, maka permohonan praperadilan bisa diajukan kembali dengan materi yang sama. Salah satu poin utama putusan Majelis Hakim dalan praperadilan ini adalah LSM memiliki kewenangan untuk mengajukan praperadilan," tuturnya.

"Matur nuwun sedoyo (terima kasih semua), tidak ada usaha yang sia-sia. Mohon maaf jika hasil belum memuaskan," katanya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...