Minggu, 16 Mei 2021 14:01

Buka Rakerpim, Menag RI: Jatim Bagian Utama Pembangunan Indonesia

Sabtu, 15 Februari 2020 22:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Buka Rakerpim, Menag RI: Jatim Bagian Utama Pembangunan Indonesia
Menag Fachrul Razi saat melakukan penekanan palm screen tanda resmi dibukanya Rakerpim 2020, didampingi Kakanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi (kiri) bersama Kabag TU Kanwil Kemenag Prov Jawa Timur Moch. Amin Mahfud. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi membuka Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) 2020 Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur di Hotel Shangri-la Surabaya, Jumat (14/2) sore.

Dalam sambutan tertulisnya, ia mengatakan tentang pentingnya menjaga kerukunan umat beragama di bumi Indonesia. Karena sejatinya, persatuan dan kesatuan merupakan prasyarat mutlak untuk kemajuan bangsa.

“Tidak ada bangsa yang maju tanpa persatuan, tidak ada negara yang maju tanpa kedamaian dan kerukunan,” kata menag mengawali sambutan.

Menag menjelaskan, hubungan agama dan negara dalam konteks masyarakat Indonesia merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan dan dipertentangkan satu sama lain.

BACA JUGA : 

Pemkab, BMKT, dan Kemenag Tuban Terus Tingkatkan Sinergisitas

​Gus Ipul dan Mas Adi Bawa Visi Misi Pasuruan Kota Madinah ke Hadapan 4 Menteri Strategis

Kemenag Jatim Beberkan Update Info Haji 2021

​Baznas Tuban Siap Diaudit Kepatutan Syariat Kemenag Pusat

"Negara Indonesia bukan negara sekuler tapi juga bukan negara agama.

Agama memberikan landasan, nilai-nilai moral dan spiritual dalam menentukan arah kehidupan berbangsa dan bernegara. Agama mengajarkan etika kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan nilai-nilai dasar negara Pancasila juga bersumber dari nilai- nilai agama," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Fachrul menyampaikan 5 pesan dan harapannya kepada ASN Kemenag Jawa Timur. Pertama, menag meminta jajaran kemenag untuk melakukan terobosan kreatif dan inovasi dalam melaksanakan program kegiatan. Untuk itu, perlu meninggalkan rutinitas dan menjauhi zona nyaman.

"Kedua, saya minta kepada kepala dan guru madrasah untuk membekali anak didik dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan modernisasi. Kita tidak biarkan anak didik kita hidup tanpa bekal dan daya saing masa depan yang utuh,” ucapnya.

Ketiga, menag meminta untuk menjauhi korupsi. Ia lantas menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo saat memberikan DIPA agar mempergunakan dan memanfaatkan anggaran dengan baik.

Keempat, ia juga minta ASN Kemenag menjadi sumber keteladanan pada semua aspek, baik secara profesionalitas maupun integritas. "Terakhir, saya menegaskan bahwa pejabat adalah pelayan masyarakat. Karenanya, ia berpesan agar pejabat kemenag mau mendengar aspirasi masyarakat dan stakeholder untuk meningkatkan komunikasi efektif pada masyarakat dan memenuhi pelayanan masyarakat," pungkasnya.

Kepala Kanwil Kemenag Prov Jatim Ahmad Zayadi mengatakan, rakerpim yang digelar mulai Jumat-Ahad (14/16-2) ini adalah dalam rangka untuk mengupayakan kesuksesan Kemenag Prov Jatim serta tentu saja dalam rangka membangun kemajuan Indonesia.

"Kita semua harus bekerja keras, bersatu padu membangun kebersamaan, membangun ukhuwah, bahu membahu menuju kantor kementerian agama yang bersih, melayani, sekaligus menjadi perawat atas Kebhinnekaan kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Zayadi. (ian/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...