Sabtu, 26 September 2020 07:06

Buka Rakerpim, Menag RI: Jatim Bagian Utama Pembangunan Indonesia

Sabtu, 15 Februari 2020 22:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Buka Rakerpim, Menag RI: Jatim Bagian Utama Pembangunan Indonesia
Menag Fachrul Razi saat melakukan penekanan palm screen tanda resmi dibukanya Rakerpim 2020, didampingi Kakanwil Kemenag Jatim Ahmad Zayadi (kiri) bersama Kabag TU Kanwil Kemenag Prov Jawa Timur Moch. Amin Mahfud. foto: YUDI A/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menteri Agama RI Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi membuka Rapat Kerja Pimpinan (Rakerpim) 2020 Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jawa Timur di Hotel Shangri-la Surabaya, Jumat (14/2) sore.

Dalam sambutan tertulisnya, ia mengatakan tentang pentingnya menjaga kerukunan umat beragama di bumi Indonesia. Karena sejatinya, persatuan dan kesatuan merupakan prasyarat mutlak untuk kemajuan bangsa.

“Tidak ada bangsa yang maju tanpa persatuan, tidak ada negara yang maju tanpa kedamaian dan kerukunan,” kata menag mengawali sambutan.

Menag menjelaskan, hubungan agama dan negara dalam konteks masyarakat Indonesia merupakan dua hal yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan dan dipertentangkan satu sama lain.

"Negara Indonesia bukan negara sekuler tapi juga bukan negara agama.

Agama memberikan landasan, nilai-nilai moral dan spiritual dalam menentukan arah kehidupan berbangsa dan bernegara. Agama mengajarkan etika kehidupan berbangsa dan bernegara. Bahkan nilai-nilai dasar negara Pancasila juga bersumber dari nilai- nilai agama," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Fachrul menyampaikan 5 pesan dan harapannya kepada ASN Kemenag Jawa Timur. Pertama, menag meminta jajaran kemenag untuk melakukan terobosan kreatif dan inovasi dalam melaksanakan program kegiatan. Untuk itu, perlu meninggalkan rutinitas dan menjauhi zona nyaman.

"Kedua, saya minta kepada kepala dan guru madrasah untuk membekali anak didik dengan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan modernisasi. Kita tidak biarkan anak didik kita hidup tanpa bekal dan daya saing masa depan yang utuh,” ucapnya.

Ketiga, menag meminta untuk menjauhi korupsi. Ia lantas menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo saat memberikan DIPA agar mempergunakan dan memanfaatkan anggaran dengan baik.

Keempat, ia juga minta ASN Kemenag menjadi sumber keteladanan pada semua aspek, baik secara profesionalitas maupun integritas. "Terakhir, saya menegaskan bahwa pejabat adalah pelayan masyarakat. Karenanya, ia berpesan agar pejabat kemenag mau mendengar aspirasi masyarakat dan stakeholder untuk meningkatkan komunikasi efektif pada masyarakat dan memenuhi pelayanan masyarakat," pungkasnya.

Kepala Kanwil Kemenag Prov Jatim Ahmad Zayadi mengatakan, rakerpim yang digelar mulai Jumat-Ahad (14/16-2) ini adalah dalam rangka untuk mengupayakan kesuksesan Kemenag Prov Jatim serta tentu saja dalam rangka membangun kemajuan Indonesia.

"Kita semua harus bekerja keras, bersatu padu membangun kebersamaan, membangun ukhuwah, bahu membahu menuju kantor kementerian agama yang bersih, melayani, sekaligus menjadi perawat atas Kebhinnekaan kita, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Zayadi. (ian/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...