Harga Bawang Putih di Pamekasan Tembus Rp 55 Ribu, Daya Beli Masyarakat Menurun

Harga Bawang Putih di Pamekasan Tembus Rp 55 Ribu, Daya Beli Masyarakat Menurun Para pedagang di Pasar Kolpajung Pamekasan mengeluhkan kenaikan harga bawang putih, sehingga mengakibatkan daya beli di masyarakat turun.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Harga bawang putih di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mulai melambung, sejak wabah virus corona merebak di Wuhan China.

Di pasar tradisional Kolpajung misalnya, harga bawang putih yang sebelumnya kisaran 32 ribu rupiah per kilogram, hari ini tembus hingga 55 ribu rupiah.

Namun bukan hanya bawang putih, harga bawang bombai juga ikutan naik. Dari sebelumnya hanya 30 ribu rupiah per kilo, saat ini mencapai 45 ribu rupiah per kilogramnya.

Sedangkan, harga cabai rawit malah turun, yang sebelumnya mencapai Rp 80 ribu, saat ini hanya berkisar Rp 60 ribu.

Lonjakan harga terjadi sejak dua pekan terakhir, diakibatkan dampak wabah virus Corona yang terjadi di China, hingga mengakibatkan kran impor bawang putih dari China ke Indonesia terhenti. Hal ini membuat pasokan bawang putih serta bawang bombai ke sejumlah pasar berkurang.

Menurut salah satu pedagang bawang putih di Pasar Kolpajung, Siti Fatimah, sudah tiga pekan ini harga bawang merangkak naik. Akibatnya, omzetnya menurun karena daya beli masyarakat juga turun.

"Kenaikan harga bahan pokok seperti bawang putih, bawang bombai itu sudah tiga pekan terakhir, karena dampak wabah virus corona. Sehingga pasokan berkurang," tutur Siti Fatimah di sela-sela melayani para pembeli, Rabu (12/02/20) siang.

Dikonfirmasi terkait hal ini, ST Abdiyati Muradi, Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat, membenarkan kenaikan harga komoditi bawang putih di sejumlah pasar di Pamekasan.

"Namun kami masih belum tau pastinya diakibatkan karena apa, namun bisa jadi dampak wabah virus Corona, karena bawang putih yang impor dari Cina berkurang" ungkapnya.

Pihaknya mengatakan akan segera menggelar pasar murah, untuk menekan gejolak kenaikan harga bawang di pasaran. (yen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO