Johan Budi: KPK Akan Lebih Masif Bila Ada di Daerah

Johan Budi: KPK Akan Lebih Masif Bila Ada di Daerah Johan Budi. foto: republika.co.id

BangsaOnline.com - Komisi Pemberantasan Korupsi () berencana membentuk kantor perwakilan di daerah. Adanya di daerah akan difokuskan pada bidang pencegahan. Selain itu, juga akan digokuskan untuk Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pendidikan antikorupsi dan pengaduan masyarakat.

"Kalau penindakan akan tetap difokuskan ke pusat, jadi konsepnya bukan miniatur ditaruh di daerah," kata Juru Bicara di gedung , Rabu (17/12).

Menurut Johan, tahun 2015 ini baru akan mengajukan dan bukan langsung membentuk kantor perwakilan. Dia mengaku, lembaga antikorupsi itu pernah mengajukan hal yang sama. Namun, pengajuan yang dilakukan pada tahun 2012 itu ditolak oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Johan mengatakan, dalam kajian yang telah dilakukan, pembukaan di daerah dibolehkan dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Tindak Pidana Korupsi. Konsep yang diajukan tidak jauh berbeda dengan yang pernah diajukan sebelumnya.

Menurutnya, dalam pengajuan nanti, berencana mengusulkan lima kantor perwakilan di daerah. Semua anggaran termasuk kebutuhan terkait sumber daya juga telah dihitung. Sayangnya Johan enggan menyebut jumlah pastinya. "Itu sudah ada perhitungannya, kita lihat nanti disetujui atau tidak oleh DPR," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Koordinator ICW Agus Sunaryanto meminta pemerintah dan DPR diminta mendukung rencana untuk membentuk kantor perwakilan di daerah. Adanya di beberapa daerah dinilai akan efektif untuk memberantas tindak pidana korupsi secara lebih masif.

Sumber: republika.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO