Minggu, 29 Maret 2020 07:05

Kenang Sosok Gus Dur, Gusdurian Probolinggo Gelar Haul di Gereja

Minggu, 19 Januari 2020 17:34 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sugianto
Kenang Sosok Gus Dur, Gusdurian Probolinggo Gelar Haul di Gereja
Haul Gus Dur yang digelar Gusdurian Probolinggo di Gereja Maria Bunda Karmel, Sabtu (18/1) malam.

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Ada yang menarik saat Gusdurian Probolinggo mengenang tokoh Gus Dur (KH. Abdurahman Wahid). Untuk mengenang sosok kepemimpinan mantan Presiden RI tersebut, Gusdurian Probolinggo menggelar haul di Gereja Maria Bunda Karmel, Sabtu (18/1) malam.

Tak heran, acara haul yang dikemas dengan refleksi kebangsaan satu dekade kepulangan Gus Dur dengan tema ‘Kebudayaan Melestarikan Kemanusiaan’ itu dihadiri oleh ratusan orang.

Mereka terdiri dari lintas agama dan sejumlah organisasi kepemudaan. Tak hanya itu, acara itu juga dihadiri oleh putri Gus Dur, Anita Wahid.

“Sosok Gus Dur ini merupakan tokoh pelindung bagi kelompok minoritas,” ujar salah seorang Ketua Tri Dharma Probolinggo, Ervan Sutjianto.

Ia mengatakan, salah satu hasil perjuangan Gus Dur adalah kesenian Barongsai. “Sejak tahun 1967, kesenian Barongsai tidak bisa tampil. Namun, berkat Gus Dur kesenian itu akhirnya bisa tampil. Ini yang tidak bisa dilupakan oleh kaum Tionghoa,” tandasnya.

Sementara Anita Wahid mengatakan, Gus Dur merupakan seorang tokoh yang pemberani. Bahkan Gus Dur sering mendapatkan ancaman di masa Orde Baru. “Beliau itu tokoh pemberani yang mengemban tugas misi kemanusian,” katanya.

Sikap beraninya dalam mengemban tugas kemanusian, tak hanya dirinya yang sering mendapatkan ancaman. Namun, keluarga juga ikut terkena dampaknya.

“Kita berharap nilai sikap pemberaninya Gus Dur itu tak pernah surut. Apalagi menghadapi tantangan Indonesia ke depan ini tambah besar,” tandas Anita Wahid. (prb1)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...