Jelang Nataru, BNN Kabupaten Kediri Lakukan Tes Urine Pada Sopir

Jelang Nataru, BNN Kabupaten Kediri Lakukan Tes Urine Pada Sopir Salah satu sopir bus saat diberi pengarahan usai menjalani tes urine di Terminal Pare. foto: ARIF K/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menjelang perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020, petugas Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kediri melakukan sidak di terminal Pare, Kabupaten Kediri, Selasa (10/12). Petugas melakukan tes urine kepada puluhan sopir angkutan umum. Kegiatan itu dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika bagi pengemudi angkutan umum.

Petugas BNN Kabupaten Kediri melaksanakan sidak tes urine itu bersama Dinas Perhubungan Kabupaten Kediri. Puluhan sopir angkutan umum satu per satu bergantian melakukan tes urine. Usai memberikan sampel urine, petugas BNN melakukan identifikasi.

Kepala BNN Kabupaten Kediri AKBP Lilik Dewi Indarwati mengungkapkan, petugas tes urine ini dilakukan untuk memastikan tidak ada satu sopir yang terpengaruh narkotika saat mengemudikan kendaraannya.

"Kegiatan ini kita lakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkotika oleh para sopir bus," ungkap AKBP Dewi.

AKBP Dewi menambahkan, tes urine ini dilakukan untuk untuk menyelamatkan penumpang dan pengemudi. Apalagi saat ini sedang libur sekolah, sehingga banyak yang menggunakan transportasi umum untuk berpergian. Selain itu, juga untuk memberantas peredaran narkoba dan narkotika.

AKBP Dewi mengimbau kepada para sopir untuk tidak melanjutkan perjalanannya, apabila sedang sakit. Mereka juga diminta untuk beristirahat apabila sedang lelah saat perjalanan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian karena ngantuk atau lelah.

"Tentunya tujuan kita ini untuk menyelamatkan penumpang dan pengemudi. Banyak masyarakat yang memanfaatkan libur natal dan tahun baru untuk berpergian," jelas Kepala BNN Kabupaten Kediri. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO