​Politikus Rayap, Siapa Mereka?

​Politikus Rayap, Siapa Mereka? M Mas'ud Adnan. Foto: BANGSAONLINE.COM

Oleh: M Mas’ud Adnan*

Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.

Dalam berbagai literatur ilmu pengetahuan, rayap disebut sebagai hama ganas dan serangga sosial. Rayap suka hidup di tempat gelap dan lembap sehingga sulit terdeteksi.

bangsaonline.com/images/uploads/berita/937072d16e17fa378681f96b087dd515.jpg">

(Rayap adalah serangga sosial. foto: istimewa)

Dalam kehidupan sehari-hari, rayap adalah pemakan kayu dari dalam. Ia menggerogoti kayu itu sampai keropos. Padahal fungsi kayu itu adalah penyanggah utama bangunan, baik rumah, kantor, atau bangunan lain.

Dalam beberapa kasus, si pemilik rumah tak tahu kalau penyangga rumahnya diserang rayap secara ganas sehingga tiba-tiba ambruk karena sulit terdeteksi.

Nah, politikus rayap adalah politikus yang menggerogoti tiang-tiang negara baik secara ekonomi, politik, ideologi, maupun akhlak. Koruptor adalah politikus rayap paling ganas karena menggerogoti uang negara dari dalam. Begitu juga politikus amoral dan tak beradab sangat berbahaya karena menghalalkan segala cara, sehingga aturan, tata kelola negara, dan sendi-sendi demokrasi yang dibangun dan disepakati bersama diabaikan.

Apa politikus rayap sekarang ada? Banyak. Di semua negara selalu ada politikus rayap. Yang beda persentasenya. Ada negara yang jumlah politikus rayapnya sedikit, cuma 5 persen, 1 persen, bahkan 0.5 persen. Tapi ada juga negara yang politikus rayapnya mencapai 50 persen bahkan 80 persen.

bangsaonline.com/images/uploads/berita/675961ee5a638e6816f4001857eb9712.jpg">

(Rayap menggerogoti kayu dari dalam)

Bagaimana dengan Indonesia? Tentu juga ada.Tapi saya malu untuk menduga-duga berapa persen politikus rayap di Indonesia. Yang pasti, Pembaca lebih paham dari saya.

Lihat juga video 'Setahun Tak Ada Kabar, Korban Longsor di Desa Ngetos Nganjuk Tagih Janji Relokasi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO