Senin, 17 Mei 2021 22:58

​Bupati Tulungagung Hadiri Diskusi Publik di Roadshow Bus KPK

Rabu, 18 September 2019 23:56 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Feri Wahyudi
​Bupati Tulungagung Hadiri Diskusi Publik di Roadshow Bus KPK
Bupati Tulungagung (dua dari kiri), bersama narasumber Diskusi Publik dari KPK di Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso, Rabu (18/9).

TULUNGAGUNG, BANGSAONLINE.com - Selama dua hari kegiatan Roadshow Bus KPK di Kabupaten Tulungagung berjalan lancar dan aman.

Di akhir dari berbagai rangkaian kegiatan ditutup dengan diskusi publik yang mengulas tentang seputar tema "Peran Serta Masyarakat Sipil dalam Pencegahan Korupsi" di Pendopo Kongasarum Kusumaning Bongso, Rabu (18/9).

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, MM, Plt. Kepala Kesbangpol, pembicara, atau narasumber dari KPK Deputi Pencegahan, dan para perwakilan dari ormas se-Kabupaten Tulungagung.

Dalam sambutannya, Maryoto menyampaikan bahwa masyarakat sangat diperlukan untuk pencegahan korupsi. Untuk itu dirasa penting peran dan serta dalam kegiatan ini. Sementara itu, target dalam edukasinya antara lain adalah pelajar, masyarakat sipil, dan lainnya.

BACA JUGA : 

KPK Lanjutkan Pemeriksaan Dugaan Korupsi di PDAM Gresik Usai Lebaran

Hari ini, Gepal Kembali Turun Aksi Desak KPK Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi PDAM Gresik

Menuju Zona Integritas, Wali Kota Pasuruan Tanda Tangani Komitmen Bersama Pencegahan Korupsi

Bupati Pamekasan Teken Komitmen Bersama Program Pemberantasan Korupsi

"Selaku Bupati, atas nama pribadi dan mewakili masyarakat Tulungagung, menyampaikan terima kasih atas adanya kegiatan Roadshow Bus KPK ini, karena telah memberikan edukasi," kata Maryoto.

Pihaknya menegaskan dalam upaya pencegahan korupsi, masyarakat sipil dinilai sangat penting untuk terlibat dan berperan dalam hal tersebut yang berkaitan dengan pengulangan korupsi.

"Termasuk yang hadir pada kegiatan ini, baik dari perwakilan Ormas Tulungagung, karena untuk mewujudkan Good Governance, juga harus diawasi oleh masyarakat," tegasnya.

Pembicara diskusi Publik Roadshow Deputi Pencegahan Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK Romi Sulaiman, memberikan apresiasi kepada masyarakat Tulungagung pada acara diskusi publik, karena berperan aktif dalam pencegahan korupsi.

"Seperti adanya kenaikan progres di antaranya keterbukaan publik, proses lelang barang dan jasa dan lainnya. Ini salah satu dampak dari adanya kasus korupsi di Tulungagung beberapa waktu lalu," jelasnya dalam pemaparan diskusi publik.

Direktur Pencegahan di KPK Sujanarko menyampaikan bahwa korupsi merupakan tindakan yang sangat merugikan, maka untuk memaksimalkan upaya upaya pencegahan korupsi KPK bekerja sama dengan lembaga lain untuk memetakan dan risiko korupsi. Sehingga menurutnya bisa dibuat plan atau rencana dengan memperbaiki sistem tata kelola sistem pemerintahan.

"Masyarakat bisa menjadi penyuluh anti korupsi, yang penting mempunyai skill dan kompetensi tentang pencegahan korupsi. Dengan adanya KPK, nama Indonesia mulai bagus di mata Internasional," tambahnya.

Untuk diketahui, sebelumnya dilaksanakan pula kegiatan di halaman GOR Lembupeteng Roadshow Bus KPK dan layanan pengaduan Masyarakat yang terbuka secara umum, baik untuk masyarakat maupun pelajar pada Selasa (17/09). (fer/ian) 

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Senin, 17 Mei 2021 18:27 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Munculnya buzzer dan influencer dalam media sosial (medsos) mengungkap realitas sosial keagamaan secara telanjang. Fenomena ini terlihat dari konten atau narasi yang diproduksi para buzzer dan influencer. Umpatan kasar...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...