Gelar Kirab 107 Keris Pusaka, Warga Lumangsih Harap Pemkab Peduli Budaya

Gelar Kirab 107 Keris Pusaka, Warga Lumangsih Harap Pemkab Peduli Budaya Tampak dari tengah Hardi Utoyo, Gus Kholil, Ki Bagong DK3P dan Mpu lainya.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan Warga Lumangsih antusias mengikuti karnaval Kirab Keris Pusaka yang digelar oleh pedepokan Gema Qolbu asuhan Gus HM Kholil. Total ada sebanyak 107 jenis Keris Pusaka yang dijamas dalam kirab kali ini.

"Kirab ini diikuti ratusan warga kampung serta budayawan berasal dari berbagai daerah," ungkap Gus Kholil kepada BANGSAONLINE di kediamanya, Dusun Lumangsing, Desa Ketan Ireng, Prigen, Pasuruan, Senin (16/9).

Menurutnya, tujuan dari kegiatan tersebut adalah memeriahkan tahun baru Islam 1 Hari Muharrom 1441 H. Selain merupakan pergantian tahun baru Hijriyah, bulan itu di kalender Jawa dikenal dengan bulan Suro.

Kebiasaan masyarakat Jawa di bulan tersebut, mengadakan pengasahan benda pusaka, menggelar tradisi nenek moyang seperti pagelaran bantengan, jaranan, barongan, dan sebagainya. Juga ada kegiatan selamatan jenang suro.

"Jadi, inti dari kegiatan ini adalah melestarikan budaya yang hampir punah," kata Gus Kholil. Dalam kegiatan itu juga digelar sidikara/ruwatan keris yang dipimpin langsung oleh Mpu Fanani dan Mpu Arya Kusuma dari Malang.

(Suasana Kirab Keris Pusaka)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO