Minggu, 05 Juli 2020 14:43

Tak Ada Satu pun Cabup Daftar, PDIP Pacitan Tutup Pendaftaran Malam Ini

Minggu, 15 September 2019 16:00 WIB
Editor: Tim
Tak Ada Satu pun Cabup Daftar, PDIP Pacitan Tutup Pendaftaran Malam Ini
Ketua DPC PDIP Pacitan Eko Setyo Ranu. foto: BANGSAONLINE/ Yuniardi Sutondo

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Hingga hari terakhir, pendaftaran calon bupati dan wakil bupati DPC PDIP Pacitan ternyata sepi peminat. Belum satu pun bakal calon yang mengambil formulir. Pendaftaran sesuai rencana akan ditutup, Ahad (15/9) pukul 00.00 WIB.

Ketua DPC PDIP Pacitan Eko Setyo Ranu mengatakan, sampai saat ini belum ada satu pun bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran. "Sesuai jadwal, pendaftaran tetap akan kita tutup sekalipun belum ada bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran," katanya, Ahad (15/9).

Namun begitu, Eko menegaskan sesuai arahan dari DPP PDIP, pendaftaran akan kembali dibuka lima hari ke depan. "Pendaftaran akan kembali diperpanjang sampai lima hari ke depan," jelasnya.

Eko juga mengungkapkan surat keputusan pengangkatan calon Wakil Ketua DPRD Pacitan dari PDIP baru akan diterima Senin atau Selasa pekan depan. 

"Sebenarnya tinggal mengambil saja. Kalau nggak Senin ya Selasa saya akan dipanggil ke DPP guna mengambil SK pengangkatan sebagai Wakil Ketua DPRD definitif masa jabatan 2019-2024," tandasnya. 

Di sisi lain, praktisi hukum Ari Hersofiawanudin menyarankan agar PDIP segera membangun koalisi agar bisa memenuhi ambang batas syarat pencalonan bupati dan wakil bupati.

"Dengan tidak adanya bakal calon yang daftar, akan bisa mematikan PDIP secara politis. Oleh sebab itu, segera bangun koalisi mengingat kursi PDIP di DPRD Pacitan tidak bisa atau belum bisa memberangkatkan calon sendiri," ujar Ari menanggapi belum adanya bakal calon yang mendaftar di DPC PDIP, Ahad (15/9).

Menurut mantan legislator Pacitan masa jabatan 2004-2009 ini, terbentuknya koalisi akan memperkuat posisi partai dalam memberikan pilihan politik sekaligus alternatif pilihan bagi masyarakat untuk menjawab kejenuhan pilihan dalam kontestasi pemilihan bupati dan wakil bupati di Pacitan. "Percuma, siapa yang mau wong gak bisa memberangkatkan, kecuali koalisi. Justru eman kalau diobral,  tapi nggak ada yang daftar. Apalagi partai penguasa," jelas pria yang juga korlap Pemuda Pancasila ini.

Sebagaimana diketahui, pada Pileg 2019 PDIP hanya bisa mencuri 6 kursi parlemen di Pacitan. Tentu agar bisa membesut pasangan calon bupati dan wakil bupati, partai berlambang banteng moncong putih tersebut harus membangun koalisi untuk bisa memenuhi ambang batas syarat pencalonan. Yaitu 20 persen kursi atau 9 kursi di parlemen. (yun).(yun)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...