Bupati Sambari Minta BPN Selesaikan 23.219 Bidang Tanah Program PTSL

Bupati Sambari Minta BPN Selesaikan 23.219 Bidang Tanah Program PTSL Bupati Sambari saat memimpin rapat koordinasi realisasi program PTSL. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto meminta Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gresik menuntaskan 23.419 bidang tanah pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (). Hal ini disampaikan saat rapat koordinasi di ruang Mandala Bakti Praja Kantor Bupati Gresik dengan mengundang 42 kepala desa (Kades) dari 6 kecamatan, Selasa (3/9).

Dalam kesempatan itu, bupati meminta kepada seluruh jajaran baik di tingkat kecamatan maupun desa untuk untuk saling bekerja sama menyukseskan program ini.

Menurut Bupati, program adalah bagian dari upaya pemerintah untuk kesejahteraan rakyat. Sebab, kepemilikan tanah dengan kepastian hukum akan meningkatkan nilai tanah yang ada di masyarakat.

"Mohon untuk para kades serta semuanya yang terlibat dalam program untuk mendukung dan melaksanakan dengan sebaik-baiknya," pintanya.

Sementara Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim juga meminta agar semua pihak mendukung program , terutama camat, kepala desa serta para perangkat desa yang lain. "Program ini selain untuk kepentingan bersama terutama masyarakat yang sangat diuntungkan, juga akan memberikan nilai tambah bagi pemerintah dari perolehan Pajak Bumi Bangunan (PBB). Masyarakat hanya dibebankan sedikit biaya pendaftaran. Dibandingkan dengan mengurus sendiri yang mencapai puluhan juta," katanya.

Sementara Kepala BPN Kabupaten Gresik Asep Heri mengungkapkan target tahun 2019 yang dialokasikan untuk Kabupaten Gresik yaitu sebanyak 63.000 peta bidang tanah serta 53.500 sertifikat. "Sampai saat ini masih 23.419 yang belum terselesaikan. Kami targetkan sampai 20 September 2019 semuanya harus selesai. Saya akan turung langsung ke desa-desa, kalau perlu door to door ke masyarakat untuk mengejar target yang sudah kami sepakati," katanya serius.

Asep juga meminta kesanggupan pegawainya untuk lembur serta bermalam di desa-desa agar target ini selesai. "Saya minta semua pegawai sanggup untuk menyelesaikan tugas ini dan siap bermalam di desa," jelasnya.

Sebelumnya, tambah Asep, BPN telah turun langsung ke desa-desa. Bahkan, pihaknya juga bertugas langsung mendata masyarakat yang mendaftarkan bidang tanahnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO