KPU Situbondo Tetapkan Caleg Terpilih Pemilu 2019

KPU Situbondo Tetapkan Caleg Terpilih Pemilu 2019 KPU Situbondo saat menggelar Rapat Pleno Terbuka Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo telah menetapkan 45 orang Calon Legislatif (Caleg) terpilih untuk DPRD Kabupaten Situbondo hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Penetapan 45 orang caleg tersebut dilakukan melalui rapat Pleno Tebuka Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Situbondo dalam Pemilu 2019, di Hotel Lotus, Selasa (30/7) malam.

Ketua KPU Situbondo mengatakan bahwa penetapan caleg terpilih ini setelah proses Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dinyatakan selesai oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dasar regulasi kami untuk melakukan penetapan adalah PKPU Nomor 5 Tahun 2019 tentang penetapan paslon terpilih dan perolehan kursi," kata Ketua KPU Situbondo, Marwoto.

Pantauan di lapangan, acara Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih dihadiri oleh lima Komesioner KPUD, Bawaslu, seluruh pengurus partai politik, media dan Forkopimda Situbondo.

PKB menjadi partai pemenang dengan mendapatkan sebanyak 13 kursi dari seluruh daerah pemilihan (Dapil). PPP berada di urutan kedua dengan sembilan kursi. Gerindra enam kursi, Golkar dan Demokrat sama-sama mendapat alokasi lima kursi, PDIP 4 kursi, PKS dua kursi dan Hanura 1 kursi.

Dalam menentukan jumlah kursi, KPUD menggunakan metode Sainte Lague untuk menghitung suara. Tentu saja penghitungan ini berbeda dengan Pemilu 2014 yang menggunakan metode Bilangan Pembagi Pemilih (BPP).

Marwoto mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan yang bersinergi untuk menyukseskan Pemilu 2019, khususnya kepada Bawaslu Situbondo. Dan berharap bisa menyelenggarakan Pemilu yang lebih baik lagi pada Pemilukada Situbondo pada 2020 mendatang.

"Kami berharap, ini adalah tahap akhir dari proses pemilu 2019. Dan Kami berharap, pemilu 2019 ini bisa menjadi pembelajaran bagi kami untuk dapat menyelenggarakan pemilu lebih baik lagi," tegas Marwoto. (mur/had/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO