Kamladu Pacitan: Waspada Fenomena Air Pasang

Kamladu Pacitan: Waspada Fenomena Air Pasang Ilustrasi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pos Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) Kabupaten mengimbau ke semua masyarakat, khususnya para nelayan untuk waspada dan lebih berhati-hati. Sebab saat ini air laut sedang pasang.

Komandan Pos Kamladu Pelda Totok mengungkapkan, belum lama ini sempat terjadi air pasang di kawasan Pantai Pancer Door. Bahkan beberapa warung hancur akibat diterjang ombak.

"Karena itu kami selalu mengimbau nelayan agar berhati-hati. Utamanya nelayan lokal, jangan sampai keluar ke tengah laut. Kecuali kapal slerek atau sekoci. Sebab fenomena air pasang besar kemungkinan masih akan berlangsung di sepanjang bulan Juli ini," jelasnya, Senin (8/7).

Imbauan senada disampaikan Kepala UPT Pengelolaan Sumber Daya Kelautan Dinas Kelautan Pemprov Jatim wilayah Ninik Setyorini. Ia berpesan agar masyarakat, utamanya nelayan, tetap waspada.

"Memang masih ada peringatan dari BMKG soal fenomena air pasang. Tapi hari ini air laut sudah mulai stabil," terang Ninik di tempat terpisah.

Menurutnya, dampak air pasang memang tidak memengaruhi signifikan terhadap hasil tangkapan nelayan. "Namun sekali lagi, agar dipertimbangkan aspek keselamatan. Sebab semua di luar kemampuan manusia. Yang terpenting mari kita meminimalisir dampak risiko dengan meningkatkan kewaspadaan," imbau dia. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO