Desa Karangnongko Kembangkan Wisata, Serap Anggaran Lebih Rp 6 Miliar

Desa Karangnongko Kembangkan Wisata, Serap Anggaran Lebih Rp 6 Miliar Pj Kades Karangnongko Prajitno Adi saat memberikan paparan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Desa Karangnongko Kecamatan Kebonagung Kabuapten Pacitan mempunyai terobosan dan inovasi dalam rangka mengembangkan daerahnya melalui pariwisata.

Bermodal letak geografis di kawasan pegunungan yang mempunyai pemandangan menjorok ke pantai, Desa Karangnongko berkembang pesat melalui program desa wisata berbasis masyarakat.

Program pengembangan tersebut dibuktikan dengan mengandeng beberapa konsultan dan arsitek dari Malang yang mendesain gambaran fisik dan proses bagaimana desa wisata Karangnongko bisa terwujud.

"Konsep desa wisata ini dari masyarakat setempat. Kami mencoba merangkai dan memfasilitasi keinginan tersebut dalam bentuk visual. Dengan mengandeng konsultan desain dari Malang, dan hasilnya kami paparkan. Tentang biaya saat ini kita butuh sekitar 6,3 miliar rupiah untuk membangun sarana prasarana fisik, dan targetnya dalam 6 tahun ideal semua bisa selesai," jelas Prayitno Adi Rahardjo Pj Kades Karangnongko, Rabu (26/6).

Master plan Desa Disata Karangnongko meliputi pembangunan wahana edukasi anak, wahana peternakan perikanan, wahana kolam pancing, wahana camping dan outbound serta homestay.

"Ya program ini pernah kami rintis pada 2018 lalu. Dimulai dari mencoba melebarkan akses jalan menuju desa Karangnongko. Dan saat ini kembali diteruskan dengan master plan yang dibuat oleh konsultan. Saya sangat mendukung yang terpenting adalah peran serta masyarakat dan nantinya desa wisata ini dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar. Kita juga ada aset pantai, itu juga masih belum tergarap," tutur Sunarko mantan Kades Karangnongko pada pewarta. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO