Pawai Budaya Nusantara JKPI, Wakil Wali Kota Pasuruan Berpakaian Adat Madura

Pawai Budaya Nusantara JKPI, Wakil Wali Kota Pasuruan Berpakaian Adat Madura Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo menyerahkan cinderamata kepada kepada Bupati Karangasem dan Direktur JKPI.

KARANGASEM, BANGSAONLINE.com - Hari kedua penyelenggaraan Jaringan Kota Pusaka Indonesia ke VII yang jatuh pada hari Sabtu (22/6) kemarin berlangsung meriah. Para Bupati dan Wali Kota anggota JKPI yang hadir dengan mengenakan pakaian adat daerah masing-masing mengikuti apel Hari Ulang Tahun Kota Amlapura ke-379 di lapangan Tanah Aron (Depan Kantor Bupati Karangasem).

Seusai mengikuti upacara, para Bupati dan Wali Kota meninjau pameran Pusaka Nusantara di Pendopo Puri Lembu Agung.

Seusai meninjau pameran, para Bupati dan Wali Kota menyaksikan Pawai Budaya Nusantara depan Puri Agung Karangasem. Dalam kesempatan ini Plt. Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST beserta Ibu, Asisten I, Kepala OPD terkait, para Camat se-Kota Pasuruan, para seniman dan Forum Komunikasi Cak dan Ning (FKCN) Kota Pasuruan ikut pawai budaya dengan mengenakan baju Madura.

Rute pawai tersebut dimulai dari Puri Agung Karangasem sampai sepanjang Jalan Veteran Amlapura. Pawai itu diikuti sebanyak 25 Kabupaten dan Kota anggota JKPI. Sebelum mengikuti pawai tersebut, sebagai bentuk kehormatan, Wakil Wali Kota Pasuruan menyerahkan cinderamata kepada Bupati Karangasem dan Direktur Eksekutif JKPI.

Dalam pawai budaya nusantara, Kota Pasuruan menampilkan Rampak Barong Untung Suropati yang merupakan sebuah penggambaran mitos sandikala, yaitu sebuah kepercayaan yang muncul dalam tradisi masyarakat di daerah Desa Mbelik Kelurahan Mancilan, Kota Pasuruan, mengenai sebuah perwujudan pusaka yang digunakan pahlawan Untung Suropati untuk mengusir Belanda.

Pada malam hari, para Bupati dan Wali Kota menyaksikan pagelaran budaya nusantara di taman budaya candra bhuwana.

Agenda selanjutnya, pada hari Minggu tanggal 23 Juni 2019, yaitu Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Para Bupati dan Wali Kota anggota JKPI kemudian ramah tamah dengan menyaksikan pagelaran budaya nusantara di Taman Budaya Candra Bhuwana.

Agenda terakhir JKPI yaitu pada hari Senin tanggal 24 Juni 2019 dengan kegiatan anjangsana ke desa pusaka Tanganan Pegringsingan. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO