Senin, 23 September 2019 08:47

Tim Verlap Adiwiyata Provinsi Disuguhi Atraksi Unik oleh SDN 2 Sengon

Sabtu, 01 Juni 2019 23:44 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Herman Subagyo
Tim Verlap Adiwiyata Provinsi Disuguhi Atraksi Unik oleh SDN 2 Sengon
Tim Verlap Provinsi saat berada di SDN 2 Sengon, Trenggalek. foto: HERMAN S/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - SDN 2 Sengon Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek menerima kunjungan Tim Verifikasi Lapangan (Verlap) Tingkat Provinsi Jawa Timur dalam upaya menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Jawa Timur, Rabu (29/5) lalu.

Menariknya, SDN 2 Sengon punya cara unik ketika menyambut kedatangan Tim Verlap Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama, para Dewan Guru beserta dua pelajar yang menjadi Duta Adiwiyata, mengenakan pakaian adat Jawa.

Kemudian, Duta Adiwiyata juga memberikan souvenir berupa bunga mawar ketika Tim Verlap Tingkat Provinsi yang diwakili Hermawan dan Eka, serta Tim Adiwiyata Kabupaten Trenggalek tiba di SDN 2 Sengon.

Selanjutnya terdengar teriakan yel-yel yang dilakukan oleh 10 Pokja Adiwiyata SDN 2 Sengon. Dilanjutkan dengan suguhan tarian Rampak Barong dan Turonggo Yakso yang diperankan oleh para siswa dan siswi SDN 2 Sengon.

Baru lah, Tim Verlap Provinsi dan Tim Adiwiyata Kabupaten Trenggalek memasuki ruang pertemuan.

Dalam paparannya di ruang pertemuan tersebut, Kepala Sekolah SDN 2 Sengon Taufiq Susanto, S.Pd., M.M.Pd, menyampaikan visi, misi, dan tujuan SDN 2 Sengon. Kemudian, ia juga menyampaikan tentang kondisi sebelum dan sesudah SDN 2 Sengon mengikuti Sekolah Adiwiyata.

Taufiq mengaku, sekolahnya berubah menjadi sangat bagus, terutama dari sisi estetika, keindahan, dan kesejukan lingkungan, setelah pihaknya mengikuti sekolah Adiwiyata. Bahkan, perubahan itu hanya membutuhkan waktu dua tahun. Menurutnya, keberhasilan itu semua berkat dukungan dari 13 mitra kerja.

Disampaikan pula, bahwa SDN 2 Sengon merupakan satu-satunya sekolah yang kini tengah merintis Sekolah Eduwisata yang diberi nama “COC DANON”.

"Progres rintisan Sekolah Eduwisata ini telah berjalan sejak bulan Januari 2019. Peran serta Komite dan Wali murid sangat besar. Dalam membangun wilayah calon Sekolah Eduwisata ini, kami tidak akan mampu tanpa perjuangan dan keikhlasan dari komite sekolah dan seluruh wali murid serta keluarga besar SDN 2 Sengon," ungkapnya, Rabu (29/5).

Ia juga menegaskan bahwa Sekolah Eduwisata yang disajikan di SDN 2 Sengon meliputi 3 komponen wisata. yaitu Camping Ground, Outbond, dan Culinary.

Sementara Eka, Tim Verlap Provinsi Jatim dalam kesempatan tersebut merasa puas atas semangat dan perjuangan SDN 2 Sengon dalam menjaga dan melestarikan sekolah Adiwiyata di Kabupaten Trenggalek.

Menurutnya, suasana sekolah yang rindang, asri, dan teduh sangat diidamkan guna mencetak generasi yang cerdas dan sehat. Ia juga menyinggung bahwa Dokumen dan Macro Exel dari SDN 2 Sengon sangat memuaskan Tim Penilai Tingkat Propinsi Jawa Timur.

"Dokumen tersebut sangat lengkap dan sangat mudah untuk dioperasikan tanpa harus sulit mencari," katanya.

Ia juga mengaku kagum dengan adanya pengolahan sampah di SDN 2 Sengon yang sangat baik dan dapat dikategorikan sampah anorganik dalam wujud Zero Weeks (0). Ditambah lagi kegiatan para siswa saat di kantin membuat makanan dari ubi-ubian.

Usai berkeliling, Tim Verlap kemudian dikejutkan oleh bunyi sirine simulasi siaga bencana gempa bumi yang diperankan oleh para siswa siswi SDN 2 Sengon. (man/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Minggu, 22 September 2019 14:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag63. Qaala idzhab faman tabi’aka minhum fa-inna jahannama jazaaukum jazaa-an mawfuuraanDia (Allah) berfirman, “Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamla...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...