Rabu, 20 November 2019 03:52

Meski Libur Lebaran, Pelayanan Tetap Jalan

Jumat, 24 Mei 2019 16:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Nur Qomar Hadi
Meski Libur Lebaran, Pelayanan Tetap Jalan
Agus Hendrawan, Kabag Humas Pemkab Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini hanya mendapatkan tambahan cuti lebaran 3 hari. Sementara selama masa liburan lebaran tersebut, unit kerja yang memberikan pelayanan langsung pada masyarakat diperintahkan agar tetap berjalan.

Kabag Humas dan Protokol Agus Hendrawan menuturkan, berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 617 Tahun 2018, Nomor : 262 Tahun 2018, dan Nomor : 16 Tahun 2018 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2019, bahwa pelaksanaan hari libur nasional Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 5 sampai dengan 6 Juni 2019.

Sedangkan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri pada tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019. “Jadi cuti bersama bagi ASN pada Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah tahun 2019 ini hanya 3 hari. Sehingga pada Senin tanggal 10 Juni ASN sudah masuk kerja seperti biasa,” ungkap Agus Hendrawan.

Djelaskan Agus, penambahan cuti tahunan setelah cuti bersama juga tidak direkomendasikan. Pengecualian hanya diberikan bagi pegawai yang pada saat cuti bersama harus tetap bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga tidak menikmati cuti bersama.

Sementara selama masa libur lebaran ini, untuk perangkat daerah, instansi, dan atau unit kerja yang berfungsi memberikan pelayanan langsung pada masyarakat agar dilakukan pengaturan jadwal atau shift tugas sehingga pelayanan tetap berjalan optimal.

Ini berlaku untuk unit pelayanan seperti rumah sakit, puskesmas, PDAM, pemadam kebakaran, perhubungan, dan unit pelayanan lain sejenis.

“Selama masa libur nasional dan cuti bersama juga diimbau kepada perangkat daerah agar tetap mengaktifkan penjagaan dan pengamanan terhadap dokumen, peralatan dan perlengkapan kantor, serta sarana prasarana kerja lainnya untuk mencegah terjadinya gangguan, kerusakan dan atau kehilangan,” tambah Agus Hendrawan.

Surat Edaran terkait pelaksanaan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 140 Hijriyah Tahun 2019 ini telah diedarkan ke seluruh perangkat daerah dan diteruskan ke seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan. (qom/rev) 

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...