BPBD Siagakan TRC dan Tim Kedaruratan, Puskesmas dan Dispendukcapil Buka Sampai Pukul 24.00

BPBD Siagakan TRC dan Tim Kedaruratan, Puskesmas dan Dispendukcapil Buka Sampai Pukul 24.00 Kalak BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Menghadapi cuti bersama lebaran yang akan berlangsung dari tanggal 29 Mei hingga 10 Juni nanti, BPBD Pacitan telah menyiapkan dua tim guna mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

"Tim tersebut meliputi TRC yang akan melakukan mobilisasi lapangan dan satu tim kedaruratan yang disiagakan di kantor," kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo, Kamis (23/5).

Menurut Didik, mobilisasi akan difokuskan pada destinasi wisata yang dipandang rentan terhadap ancaman bencana serta antisipasi membeludaknya pengunjung saat lebaran nanti. "TRC akan terus mobiling di kawasan wisata yang dipandang rawan, utamanya wisata pantai," jelasnya.

Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan OPD terkait dan unsur Forkompinda, selama cuti lebaran akan didirikan posko-posko yang tersebar mulai dari kawasan Pantai Klayar, Punung, hingga pemandian banyu anget Tirto Husodo di Arjosari, serta kawasan pantai lainnya.

"Kita juga ikut menerjunkan personil secara bergantian untuk ikut membantu mengantisipasi segala kemungkinan terburuk saat cuti lebaran nanti," tandasnya.

Selain BPBD, OPD yang bakal sibuk menjelang lebaran nanti adalah Dispendukcapil. OPD ini akan membuka pelayanan hingga malam menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal itu sebagaimana disampaikan Kepala Dispendukcapil Pacitan Supardianto, Kamis (23/5).

"Mulai tanggal 27 hingga 31 Mei nanti, kita akan membuka pelayanan, khususnya perekaman e-KTP hingga pukul 24.00 WIB," katanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO