Lumbung Rejeki Berkah, Cara Nabung ala Emak-emak di Pacitan untuk Persiapan Lebaran

Lumbung Rejeki Berkah, Cara Nabung ala Emak-emak di Pacitan untuk Persiapan Lebaran Kumpulan emak-emak dalam komunitas The Wonder Woman Pacitan, pencetus lumbung rejeki berkah.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Berbagai cara dilakukan ibu-ibu di untuk mempersiapkan Lebaran yang biasanya identik dengan banyaknya pengeluaran. Salah satunya, dengan menggiatkan lumbung rejeki berkah.

Dengan cara itu, para ibu rumah tangga diminta menyisihkan sebagian pengeluaran belanja untuk ditabung atau dimasukkan ke dalam lumbung. Saat menjelang hari raya nanti, sisa uang belanja yang dimasukkan ke dalam lumbung berkah tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Hal itu lah yang saat ini tengah digagas oleh Ervina Wahyuning Sutarto dengan komunitasnya yang diberi nama The Wonder Woman. "Setiap seminggu sekali, nanti akan ada petugas kami yang berkunjung dari rumah ke rumah untuk mengambil isi lumbung. Kemudian mencatatnya dan dibukukan seperti halnya menabung di bank," kata instruktur senam aerobik ini, Rabu (24/4).

Pemilik rumah herbal dan sanggar senam di ini mengakui cara tersebut terkesan kuno. Namun menurutnya, yang paling penting adalah tujuan utamanya, yakni mengajak para ibu-ibu berhemat atas uang yang diberikan suaminya.

"Sewaktu-waktu tabungan dalam bumbung itu bisa diambil. Bahkan kami juga membuka arisan, utamanya bagi anggota sanggar maupun rumah herbal," beber dia.

Dalam kegiatan bumbung berkah ini, para penabung tidak akan dikenai administrasi serupiah pun. Akan tetapi, mereka juga tidak akan mendapatkan jasa atau bunga atas tabungannya itu. "Jadi intinya kami ini membantu menggiatkan para ibu-ibu agar bisa berhemat namun semua kebutuhan bisa tercukupi," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO