​Lebih dari 30 Masjid di Xinjiang Dihancurkan

​Lebih dari 30 Masjid di Xinjiang Dihancurkan Penghancuran Masjid Yutian Aitika dan Masjid Kargilik peninggalan muslim Uigur di abad ke-13. foto: net

BANGSAONLINE.com - Investigasi harian The Guardian dan situs investigasi Bellingcat, juga berdasarkan gambar satelit, mengungkapkan ada banyak penghancuran bangunan keagamaan Muslim di Xinjiang.

Sebulan yang lalu, mahasiswa aktivis hak asasi manusia Shawn Zhang mengecam penghancuran oleh otoritas terhadap Masjid Agung Keryia di Xinjiang. Aktivis ini mengatakan bahwa  berusia 800 tahun itu menghilang dari gambar yang disediakan oleh Google Earth Pro.

Juga berdasarkan gambar satelit, situs investigasi The Guardian dan Bellingcat mengonfirmasi hilangnya beberapa lain di wilayah Uyghur.

Menurut penelitian ini, dari 91 bangunan keagamaan yang diteliti, 31 rusak antara tahun 2016 dan 2018. Di antara mereka, 15 dan dua kuil. "Sepenuhnya atau hampir sepenuhnya dihancurkan," kata The Guardian.

Untuk - lainnya, pemerintah mengincar menghancurkan kubah dan menara.

Sembilan lain yang diidentifikasi oleh penduduk Xinjiang juga telah dihancurkan meski tidak memiliki unsur-unsur Islam yang terlihat.

Sumber: lemuslimpost.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO