Senin, 01 Juni 2020 09:16

Minim Laporan, Bawaslu Nyatakan Pemilu di Tuban Berlangsung Aman

Jumat, 19 April 2019 18:22 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Minim Laporan, Bawaslu Nyatakan Pemilu di Tuban Berlangsung Aman
Kordiv Organisasi SDM Bawaslu Tuban, Marfuah.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban menyatakan, pelaksanaan pemilu 2019 di bumi wali berlangsung aman. Hal itu berdasarkan minimnya jumlah laporan dan temuan pelanggaran yang diterima Bawaslu selama proses pemilihan berlangsung.

Divisi Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Tuban Ulil Abror Al Mahmud mengatakan, secara umum laporan yang diterima bawaslu di lapangan rata-rata kesalahan dalam rekap. Sehingga, tindakan yang perlu dilakukan adalah dengan perhitungan suara ulang dengan memanggil berbagai semua pihak, termasuk dari saksi peserta pemilu. Menurutnya, kesalahan tersebut terbilang wajar, karena petugas banyak yang kelelahan dengan panjangnya proses pemilu saat ini.

"Rata-rata di Tuban selesainya jam 8 hingga jam 9 pagi. Dan yang paling cepat selesai pukul 02.00 WIB dini hari," ujar Ulil sapaan akrabnya.

Ulil membeberkan, wilayah yang mengalami salah rekap dan terdapat perhitungan suara ulang di antaranya Kecamatan Semanding, tepatnya di Desa Tegal Agung TPS 09. Kemudian, di Kelurahan Gedung Ombo TPS 15 juga dihitung ulang.

Sementara di Kecamatan Bangilan, tepatnya di Desa Banjarworo TPS 12 juga dilakukan perhitungan ulang lantaran kesalahan dalam rekap. Selain itu, ada pula dokumen C7 tidak sesuai dengan C7 DPT-KPU. 

Selain di Desa Banjarworo, Desa Kedungmulyo TPS 1 juga terdapat permasalahan berupa C7 tidak sesuai dengan surat suara yang digunakan. Sedangkan, di TPS 8 Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang dan TPS 4 Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu juga perhitungan ulang karena salah rekap hasil.

"Tapi semua temuan itu dapat diselesaikan tingkat TPS," terangnya.

Sementara itu, Kordiv Organisasi SDM Bawaslu Tuban Marfuah menambahkan, meski terdapat permasalahan pada rekap, namun tidak mempengaruhi perolehan suara. Selain itu, juga tidak ada komplain dari peserta pemilu kepada lembaga pengawasan

"Alhamdulillah pelaksanaan pemilu di Tuban sangat aman. Sampai hari ini tidak ada laporan masuk," bebernya.

Dalam kesempatan itu, perempuan kelahiran Kecamatan Gerabagan ini juga meluruskan kabar adanya TPS yang mengalami kekurangan Surat Suara (Susu). Setelah dicek oleh pengawas di lapangan, ternyata berita tersebut hoax.

"Kalau surat suara kurang itu tidak ada, tapi kalau salah tulis rekap memang ada. Mungkin karena faktor kecapekan. Dan semua sudah dapat diselesaikan di tingkat TPS," paparnya.

Bawaslu mengimbau kepada masyarakat agar cerdas menerima informasi. "Jangan langsung percaya terhadap informasi yang belum tentu kebenarannya, karena bisa meresahkan masyarakat. Selain itu, meminta masyarakat tidak terprovokasi dengan isu yang mengarah adu domba," imbaunya.

"Kami minta masyarakat Tuban, penyelenggara, peserta pemilih menerima hasil proses pemilu. Apapun hasilnya diterima dengan lapang dada," tukas Marfuah. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Minggu, 31 Mei 2020 18:02 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...