KPU Blitar Lakukan Setting dan Packing Logistik Pemilu

KPU Blitar Lakukan Setting dan Packing Logistik Pemilu Proses setting dan packing dilakukan di gudang transit yang ada di masing-masing daerah pemilihan (Dapil). foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Proses setting dan packing logistik Pemilu 2019 terus dikebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blitar. Proses setting dan packing dilakukan di gudang transit yang ada di masing-masing daerah pemilihan (Dapil).

"Saat ini sedang berlangsung setting packing surat suara dan perlengkapan TPS. Setting dan packing dilakukan di gudang transit. Sistemnya bergilir, per kecamatan," ungkap Ketua KPU Kabupaten Blitar Imron Nafifah, Kamis (11/4/2019).

Semua surat suara dan perlengkapan TPS ini kemudian dimasukan ke dalam kotak suara, kemudian disegel. Selanjutnya akan didistribusikan oleh KPU ke masing-masing kecamatan. "Setelah di-setting packing dan disegel, kemudian oleh KPU akan didistribusikan ke kecamatan masing-masing," imbuhnya.

Untuk distribusi, KPU memprioritaskan kecamatan terjauh dan yang gurangnya sudah siap untuk dikirim terlebih dahulu. Misalnya di sebagian besar kecamatan di Blitar selatan dan Blitar utara. "Jadi prioritasnya yang gudangnya sudah siap dan lokasinya jauh," kata Imron.

Sementara untuk surat suara rusak, KPU Kabupaten Blitar sejauh ini hanya menemukan sekitar 0,06 persen dari jumlah keseluruhan masing-masing surat suara. Untuk mengantikan surat suara rusak ini, KPU Kabupaten Blitar telah menerima informasi jika pada minggu ini kekurangan sudah akan dikirim.

"Kerusakan rata-rata ada bercak atau noda. Ada yang memang nodanya hanya bercak-bercak kecil, adapula yang memang noda cukup besar sehingga menghalangi pemilih untuk menentukan pilihan. Namun minggu ini dipastikan untuk pengantinya sudah datang," jelasnya. (ina/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO