Amankan Pemilu 2019, Pangdam Siapkan 17.500 Personel

Amankan Pemilu 2019, Pangdam Siapkan 17.500 Personel Pangdam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi berbincang dengan KH. Robbach Ma'sum usai melakukan pertemuan dengan tomas di Kodim 0817 Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Jelang Pemilu 2019 yang kurang 27 hari lagi, Kodam V Brawijaya terus melakukan persiapan matang. Untuk mengamankan pesta demokrasi 5 tahunan itu, Kodam V Brawijaya mengerahkan 17.500 personel.

Penegasan ini disampaikan Panglima Kodam (Pangdam) V Brawijaya Mayor Jenderal TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi saat kunjungan kerja di Kodim 0817 Gresik, Kamis (21/3) pagi.

Dikatakan ia, jumlah personel yang dikerahkan itu masing-masing terdiri dari TNI AD, TNI AU dan TNI AL. Pasukan itu, ditegaskan ia tersebar di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Jawa Timur.

"Kalau personel normalnya adalah dua per tiga dari anggota kepolisian. Jika ditotal ada 17 ribu sekian terdiri dari angkatan darat 14 ribu, angkatan laut 2.500, dan angkatan udara 1.000, " katanya.

Jendral bintang dua yang baru dilantik itu juga mengingatkan soal netralitas anggota TNI dan Polri saat Pemilu. Ia menegaskan, netralitas adalah harga mati. "TNI-Polri itu netral," terangnya.

Selain itu, Pangdam juga berharap sinergitas antara Pemerintah, TNI, dan Polri juga ditingkatkan mulai dari tingkatan yang paling bawah yakni Kepala Desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas.

Menyinggung soal titik kerawanan, Pangdam membeberkan tidak ada indikasi yang menonjol terkait pengamanan di Jatim. Pihaknya melakukan pengamanan di seluruh wilayah Jatim, tidak ada perlakuan khusus di salah satu daerah.

"Pengamanan wilayah semuanya sama. Soal titik kerawanan kita sudah mengantisipasi," jelasnya. "Tapi kami tentunya berharap Pemilu 2019 berjalan aman dan kemungkinan kerawanan bisa diantisipasi," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO