Patung Suro dan Boyo Terbesar Siap Jadi Kado Terindah di Hari Jadi Kota Surabaya

Patung Suro dan Boyo Terbesar Siap Jadi Kado Terindah di Hari Jadi Kota Surabaya Patung Suro dan Boyo terbesar di Kota Surabaya yang sedang tahapan finishing ini siap menjadi kado terindah di Hari Jadi Kota Surabaya yang diperingati setiap tanggal 31 Mei. foto: YUDI ARIANTO/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rombongan sidak Wali Kota Tri Rismaharini beserta jajaran Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) diakhiri dengan mengunjungi pembangunan patung Suro dan Boyo di Taman Suroboyo, Rabu (20/3/2019). Pada kesempatan itu, Wali Kota Risma memastikan bahwa patung terbesar se- itu ditargetkan selesai pada bulan Mei, tepatnya di Hari Jadi Kota (HJKS).

Risma, sapaan Tri Rismaharini menjelaskan, pembangunan Patung Suro dan Boyo ini adalah bagian dari mimpinya. Patung Suro dan Boyo ini juga menjadi ikon terbesar dibanding patung yang ada di Kebun Bintang (KBS) dan Skate Park Jalan Gubeng .

“Ini adalah bagian dari mimpi saya. Saya juga membayangkan ketika ada di tengah laut, maka dapat terlihat dari ikon patung ini. Selain itu, bisa dibilang patung ini adalah neneknya karena setinggi 42 meter. Kalau mamanya ada di Skate Park, anaknya ada di Kebun Binatang (KBS),” tutur Wali Kota Risma saat di lokasi.

Kepala Dinas Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Kota Eri Cahyadi juga memastikan bahwa Taman Suroboyo beserta patung Suro dan Boyo ditargetkan rampung Bulan Mei, karena itu akan menjadi hadiah manis bagi Hari Jadi Kota .

“Sebenarnya untuk patungnya sendiri, bulan ini atau awal bulan sudah bisa selesai. Tapi di bawahnya kan ada tambahannya dan tamannya, sehingga pengerjaan maksimal kami targetkan Bulan Mei,” kata Eri saat mendampingi Wali Kota Risma meninjau Patung Suro dan Boyo.

Eri juga menambahkan bahwa di kawasan itu nanti akan dibangun semacam jembatan yang menghubungkan antara sentra kuliner SIB lantai dua dengan patung Suro dan Boyo tersebut. Jembatan itu nanti akan dibangun seperti Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), tapi bentuk dan desainnya berbeda.

“Secara konsep sudah jadi dan langsung dikerjakan tahun ini. Secara anggaran ikut tahun ini. Jadi mudah-mudahan selesai pada akhir tahun, dilihat aja nanti,” ujarnya.

Selain melakukan pembangunan infrastruktur, lanjut Eri, Pemkot juga akan merenovasi beberapa bagian bangunan Sentra Ikan Bulak (SIB), termasuk toilet dan beberapa bagian lainnya. Bahkan, pemkot juga berencana menggalakkan berbagai pelatihan untuk para pedagang yang menempati SIB. (ian/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO