Senin, 27 Mei 2019 03:09

Jombang juga Termakan Isu Kiamat, Sejumlah Warga Jual Rumah dengan Harga Murah

Jumat, 15 Maret 2019 20:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Jombang juga Termakan Isu Kiamat, Sejumlah Warga Jual Rumah dengan Harga Murah
Rumah yang dijual pemiliknya karena takut kiamat.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Isu akan segera terjadi kiamat tidak hanya berdampak di wilayah Kabupaten Ponorogo dan Jember. Pasalnya, sejumlah orang di Kabupaten Joambang, Jatim juga termakan isu tersebut. Akibatnya, mereka rela menjual rumah dan harta miliknya untuk berangkat di sebuah Ponpes di Kasembon, Malang.

Adalah di wilayah Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, sejumlah orang dikabarkan menjual rumah dan hewan ternak miliknya, karena termakan isu kiamat tersebut. Rencananya, mereka juga berencana pindah dan menetap ke salah satu Pondok Pesantren di Kecamatan Kasembon, Malang.

Seperti yang terjadi di rumah milik Fatihin di Dusun Jemparing Desa Pakel. Sejak dua bulan lalu, rumah berukuran 37 x 7 meter miliknya sudah dipindah tangankan kepada keponakannya dengan harga Rp 50 juta. Tak hanya itu, Fatihin juga menjual dua ekor sapi miliknya dengan harga Rp 16 juta. Padadal, seharusnya harga dua ekor sapi itu bisa mencapai Rp 30 juta rupiah.

Menurut Achmad Burhani, adik Fatihin, kakaknya sengaja menjual rumah mereka karena akan berpindah ke Pondok di Kasembon bersama istri dan tiga anaknya.

Menurutnya, rencana ini menyusul adanya kabar kiamat yang bakal terjadi tidak lama lagi. Harga tersebut menurutnya harga yang tidak lazim dan jauh di bawah harga pada umumya.

"Memang dijual dan kakak saya mondok di Kasembon, karena takut ada kiamat," terangnya, Jum’at (15/03/19).

(Salah satu rumah warga Jombang yang dijual murah karena pemiliknya takut kiamat dan hendak pindah ke Ponpes di Malang)

Hal yang sama juga terjadi terhadap dua warga lain di Desa Pakel. Namun hingga saat ini proses penjualan masih dalam tahap negosiasi. Yakni Sajidin dan Ridwan. Sajidin memiliki seorang istri dan tiga anak, sedangkan Ridwan memiliki seorang istri dan seorang anak.

Kepala Desa Pakel, Darmaji menuturkan, sejauh ini pihaknya sudah berupaya memberikan pencerahan dan nasihat warganya bahwa isu tidak benar. Namun, mereka tetap saja ketakutan. Bahkan, rumah milik warganya ini juga dijual dengan harga yang jauh di bawah standart.

"Ini kami perkirakan jumlah yang ingin menjual rumahnya untuk pindah dan mondok di Kasembon itu akan bertambah," bebernya.

Sebelumnya, karena mendapat doktrin isu kiamat, puluhan warga di Ponorogo nekat menjual rumah miliknya dengan harga tidak lazim. Mereka kemudian beramai-ramai boyongan ke Pondok Pesantren yang ada di Desa Sukosari, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Sebab kabarnya, Pondok tersebut tidak akan terkena dampak dari kiamat. (ony/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...