Bawaslu Malang Berharap Masyarakat Turut Membantu Awasi Pemilu

Bawaslu Malang Berharap Masyarakat Turut Membantu Awasi Pemilu George Da Silva.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang mengimbau masyarakat untuk turut berperan aktif dalam pengawasan tahapan pemilu. Hal ini diungkapkan Gèorge Da Silva selaku Divisi Penegakkan Hukum, Rabu (13/3).

"Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada Senin (11/3) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang melaporkan terkait sosialisasi empat pilar oleh Ahmad Basarah, di Pendopo Kabupaten Malang," bebernya.

“Tim pemantau independen HMI Cabang Malang mempersoalkan kehadirannya. Sebanyak lima mahasiswa yang tergabung dalam tim pemantau independen HMI lantas mengadukan masalah ini kepada kami," ujarnya.

Mereka meminta, agar Bawaslu menelusuri sosialisasi yang dilakukan oleh caleg DPR RI tersebut karena dinilai terdapat unsur pelanggaran pemilu.

“Oleh karenanya kami (bawaslu) minta agar mereka membuat laporan resmi. Karena ketika mahasiswa datang sifatnya hanya mengadu. Meski demikian, sebagai lembaga pengawas Pemilu kami tetap menerimanya," tandasnya.

Geogre menambahkan, suatu persyaratan pelaporan harus memenuhi persyaratan formil dan materil. Syarat formil, kata dia, mengizinkan adanya pelapor, terlapor, dan identitasnya. Sementara persyaratan materil harus melampirkan kronologis atau kejadiannya.

“Batas waktunya hanya 7 (tujuh) hari sejak kejadiannya. Lewat dari batas waktu dianggap jatuh,” pungkas George Da Silva yang juga mantan wartawan ini. (thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO