Minggu, 17 Februari 2019 09:44

BPJS Tak Bisa Hapus Tunggakan Premi bagi Yuli, Gadis Penderita Epilepsi dari Pacitan

Rabu, 23 Januari 2019 10:24 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
BPJS Tak Bisa Hapus Tunggakan Premi bagi Yuli, Gadis Penderita Epilepsi dari Pacitan
Yuli, gadis penderita epilepsi dan luka bakar yang nunggak BPJS.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - BPJS Kesehatan Pacitan memastikan tak akan bisa menghapus data tunggakan peserta mandiri sekalipun peserta tersebut tergolong masyarakat tidak mampu.

"Tunggakan akan tetap muncul tak bisa dihapus dari master file," ujar Sutomo, Kepala BPJS Kesehatan Pacitan, Selasa (23/1).

Ketentuan tersebut bakal sedikit menyulitkan bagi Yuli, gadis penderita epilepsi dan luka bakar asal Desa Sedayu, Kecamatan Arjosari yang mempunyai tunggakan premi BPJS kesehatan selama hampir empat tahun lebih.

"Kalau memang peserta berasal dari kalangan tidak mampu, bisa dimutasi ke program penerima bantuan iuran daerah (PBID) yang didanai dari APBD. Kepastian kalau orang tersebut memang tidak mampu, tentu harus ada keterangan dari pemerintah desa, dan kecamatan," jelasnya.

Meski bisa bermigrasi kepesertaan BPJS, akan tetapi data tunggakan tetap tidak akan bisa dihapus dari master file. "Setelah bermigrasi, tunggakan tetap kembali muncul," tegasnya.

Kabid Pelayanan dan Rehabilitasi, Dinas Sosial (Dinsos) setempat, Sukmawati, hari ini berencana akan melakukan koordinasi dengan pihak BPJS. "Semoga penderitaan Yuli akan sedikit terkurangi dengan masuk pada program jaminan sosial dari pemerintah," terangnya di tempat terpisah.

Sementara itu, Wawan Kasiyanto Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Pacitan, belum bisa dikonfirmasi terkait persoalan tersebut. (yun/dur)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Rabu, 06 Februari 2019 13:59 WIB
JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menambah jumlah destinasi wisata buatan, sebuah desa di Jombang mengembangkan destinasi wisata tanaman. Di areal wisata ini, pengelola menyuguhkan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan wisata...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Februari 2019 10:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU, 13 Februari 2019 ini, Bude Khofifah Indar Parawansa dan Mas Emil E. Dardak dilantik di Istana Negara sebagai Gubernur-Wakil Gubernur periode 2019-2024. Ucapan selamat dan senyum mengembang diragam kesempatan beliau yang me...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...