Rabu, 21 Agustus 2019 04:24

Sebelumnya Dikira Babi Ngepet, Inilah Sosok Pencuri yang Satroni Belasan Rumah di Jombang

Rabu, 09 Januari 2019 01:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Sebelumnya Dikira Babi Ngepet, Inilah Sosok Pencuri yang Satroni Belasan Rumah di Jombang
Tersangka pencurian yang sempat dikira babi ngepet diamankan di Mapolres Jombang. foto: ist

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pelaku pencurian yang menyatroni belasan rumah di Desa Tambakrejo dan Plosogenengan, Kecamatan/Kabupaten Jombang dipastikan bukan siluman babi ngepet. Polisi meringkus seorang pria yang merupakan pelaku pencurian tersebut.

Kasatreskrim Polres Jombang AKP Gatot Setyo Budi mengatakan, pelaku pencurian tersebut adalah Suprapto (38), warga Desa Jokerto, Kecamatan Parang, Magetan. Pelaku diringkus di rumahnya pada Senin (7/1) sekitar pukul 14.00 WIB.

"Pelaku pencurian yang sempat viral sebagai babi ngepet yang meresahkan warga Perumahan Astapada dan Tambakrejo Asri kami tangkap," kata Gatot saat dihubungi dikonfirmasi lewat WhatsApp, Selasa (8/1/2019).

Gatot menegaskan, Suprapto merupakan pencuri yang belasan kali menyatroni rumah warga di Perumahan Astapada Indah dan Tambakrejo Asri. Sesuai keterangan warga, pelaku menyasar rumah berlantai dua. Karena pintu atau jendela rumah di lantai dua kebanyakan tidak dikunci pemiliknya.

"Pelaku masuk ke rumah warga dengan memanjat dinding tembok, kemudian naik ke atas genteng terus berjalan di atas genteng mencari rumah yang lantai dua. Baru pelaku masuk ke rumah yang rata-rata pintunya di lantai dua tidak dikunci, kemudian mengambil uang dan barang," ungkapnya.

Kepada penyidik, lanjut Gatot, pelaku mengaku sudah 8 kali mencuri di Perumahan Astapada Indah dan Tambakrejo Asri. Saat ini pihaknya menginterogasi pelaku untuk pengembangan ke TKP lainnya.

"Hasil pencurian bervariasi, yang paling banyak adalah di perumahan Tambakrejo, dari rumah milik anggota Polri, pelaku mendapat uang Rp 60 juta," terangnya.

Selain meringkus pelaku, tambah Gatot, pihaknya juga menyita barang bukti berupa 1 ponsel pintar. Ponsel tersebut milik salah satu korban yang dicuri pelaku.

Suprapto dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 3e KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan. "Ancaman hukumannya 7 tahun penjara," tandas Gatot.

Diberitakan sebelumnya, isu babi ngepet mencuat setelah belasan rumah warga di Desa Tambakrejo dan Plosogeneng, Kecamatan/Kabupaten Jombang disatroni pencuri. Sebagian besar rumah warga yang disatroni adalah yang berlantai dua. Pelaku masuk melalui lantai dua rumah yang mayoritas pintunya tidak dikunci lantaran penghuninya merasa sudah aman.

Sejauh ini lebih dari 10 rumah warga yang disatroni pencuri. Dari jumlah itu, yang kehilangan uang kurang dari 10 warga. Nilainya mulai dari Rp 500 ribu hingga puluhan juta rupiah dengan total kerugian lebih dari Rp 100 juta. Warga sempat menduga pelaku seorang remaja berusia 20-an tahun. (ony/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...