Senin, 27 Mei 2019 03:01

KPU Kabupaten Pasuruan Tes Kekuatan Kotak Suara

Senin, 31 Desember 2018 21:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andy Fachrudin
KPU Kabupaten Pasuruan Tes Kekuatan Kotak Suara
Winaryo Sujoko didampingi Titin Wahyuningsih, saat menguji kekuatan, ketahanan, dan keamanan kotak suara.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kotak suara berbahan karton kedap air atau jamak disebut 'kardus' masih ramai diperbincangkan. Pihak KPU Kabupaten Pasuruan pun langsung menguji kekuatan kotak suara Pemilu 2019 ini.

Uji kekuatan kotak suara tersebut dilakukan oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Winaryo Sujoko didampingi langsung oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Titin Wahyuningsih, Senin (31/12/2018) siang.

Winaryo memulai simulasi. Pertama, dia meminta petugas merakit kotak suara tersebut. Setelah kotak suara jadi, dia meminta salah seorang salah satu PPK kecamatan berdiri dan menginjak kardus tersebut.

Hasilnya, kotak suara tersebut tidak jebol. Begitu pula saat petugas yang punya berat badan sekitar 60 Kg diminta naik, kotak suara tersebut tetap kokoh.

Tidak sampai di situ, Winaryo kemudian menyemprot bagian luar kotak suara dengan air. Dia kemudian mengangkat kotak tersebut dan menunjukkan kepada wartawan bahwa kotak suara itu tidak tembus air.

"Ada yang mau nyoba (duduk di kotak suara)? Ada yang (berat badan) 60 sampai 75 kilo di sini? Surat suara paling nggak sampai 10 kilo, paling 5 kilo. Dengan 300 surat suara dikali 4 (kotak suara)," jelasnya.

Winaryo menegaskan kotak suara untuk Pemilu 2019 ini sangat kokoh. Dia berharap penggunaan kotak suara ini tidak dijadikan polemik. Apalagi pengadaan kotak suara ini menurutnya sudah melalui hasil rapat dengar pendapat dari pusat KPU RI.

"Jadi mulai dari kekuatan, ketahanan, dan keamanan sudah kita uji atau kita buktikan secara umum. Bahwasanya kotak suara benar-benar kuat. Kemudian dari segi keamanan juga layak dan aman," tegasnya. (maf/par/ian) 

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...