Selasa, 26 Maret 2019 08:06

KPU Kabupaten Pasuruan Tes Kekuatan Kotak Suara

Senin, 31 Desember 2018 21:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andy Fachrudin
KPU Kabupaten Pasuruan Tes Kekuatan Kotak Suara
Winaryo Sujoko didampingi Titin Wahyuningsih, saat menguji kekuatan, ketahanan, dan keamanan kotak suara.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kotak suara berbahan karton kedap air atau jamak disebut 'kardus' masih ramai diperbincangkan. Pihak KPU Kabupaten Pasuruan pun langsung menguji kekuatan kotak suara Pemilu 2019 ini.

Uji kekuatan kotak suara tersebut dilakukan oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Winaryo Sujoko didampingi langsung oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Titin Wahyuningsih, Senin (31/12/2018) siang.

Winaryo memulai simulasi. Pertama, dia meminta petugas merakit kotak suara tersebut. Setelah kotak suara jadi, dia meminta salah seorang salah satu PPK kecamatan berdiri dan menginjak kardus tersebut.

Hasilnya, kotak suara tersebut tidak jebol. Begitu pula saat petugas yang punya berat badan sekitar 60 Kg diminta naik, kotak suara tersebut tetap kokoh.

Tidak sampai di situ, Winaryo kemudian menyemprot bagian luar kotak suara dengan air. Dia kemudian mengangkat kotak tersebut dan menunjukkan kepada wartawan bahwa kotak suara itu tidak tembus air.

"Ada yang mau nyoba (duduk di kotak suara)? Ada yang (berat badan) 60 sampai 75 kilo di sini? Surat suara paling nggak sampai 10 kilo, paling 5 kilo. Dengan 300 surat suara dikali 4 (kotak suara)," jelasnya.

Winaryo menegaskan kotak suara untuk Pemilu 2019 ini sangat kokoh. Dia berharap penggunaan kotak suara ini tidak dijadikan polemik. Apalagi pengadaan kotak suara ini menurutnya sudah melalui hasil rapat dengar pendapat dari pusat KPU RI.

"Jadi mulai dari kekuatan, ketahanan, dan keamanan sudah kita uji atau kita buktikan secara umum. Bahwasanya kotak suara benar-benar kuat. Kemudian dari segi keamanan juga layak dan aman," tegasnya. (maf/par/ian) 

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...