Minggu, 23 Februari 2020 05:07

KPU Kabupaten Pasuruan Tes Kekuatan Kotak Suara

Senin, 31 Desember 2018 21:13 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Andy Fachrudin
KPU Kabupaten Pasuruan Tes Kekuatan Kotak Suara
Winaryo Sujoko didampingi Titin Wahyuningsih, saat menguji kekuatan, ketahanan, dan keamanan kotak suara.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kotak suara berbahan karton kedap air atau jamak disebut 'kardus' masih ramai diperbincangkan. Pihak KPU Kabupaten Pasuruan pun langsung menguji kekuatan kotak suara Pemilu 2019 ini.

Uji kekuatan kotak suara tersebut dilakukan oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan Winaryo Sujoko didampingi langsung oleh Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Titin Wahyuningsih, Senin (31/12/2018) siang.

Winaryo memulai simulasi. Pertama, dia meminta petugas merakit kotak suara tersebut. Setelah kotak suara jadi, dia meminta salah seorang salah satu PPK kecamatan berdiri dan menginjak kardus tersebut.

Hasilnya, kotak suara tersebut tidak jebol. Begitu pula saat petugas yang punya berat badan sekitar 60 Kg diminta naik, kotak suara tersebut tetap kokoh.

Tidak sampai di situ, Winaryo kemudian menyemprot bagian luar kotak suara dengan air. Dia kemudian mengangkat kotak tersebut dan menunjukkan kepada wartawan bahwa kotak suara itu tidak tembus air.

"Ada yang mau nyoba (duduk di kotak suara)? Ada yang (berat badan) 60 sampai 75 kilo di sini? Surat suara paling nggak sampai 10 kilo, paling 5 kilo. Dengan 300 surat suara dikali 4 (kotak suara)," jelasnya.

Winaryo menegaskan kotak suara untuk Pemilu 2019 ini sangat kokoh. Dia berharap penggunaan kotak suara ini tidak dijadikan polemik. Apalagi pengadaan kotak suara ini menurutnya sudah melalui hasil rapat dengar pendapat dari pusat KPU RI.

"Jadi mulai dari kekuatan, ketahanan, dan keamanan sudah kita uji atau kita buktikan secara umum. Bahwasanya kotak suara benar-benar kuat. Kemudian dari segi keamanan juga layak dan aman," tegasnya. (maf/par/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...