Surabaya Menang Guangzhou Awards 2018, Kota Terpopuler Online

Surabaya Menang Guangzhou Awards 2018, Kota Terpopuler Online Wali Kota Surabaya ketika menerima penghargaan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kota Surabaya menang Guangzhou Awards 2018 atau Guangzhou International Awards 2018 untuk kategori Online Popular City. Kemenangan Guangzhou Awards 2018 atau Guangzhou International Awards 2018 untuk Kota Surabaya ini juga tak lepas dari peran serta masyarakat.

"Surabaya berhasil menjadi kota favorit pada Guangzhou Award 2018 dengan mendapatkan lebih dari 1,5 juta suara daring," kata Konsul Jenderal RI Untuk Guangzhou, Gustanto, melalui siaran pers yang diterima media ini di Surabaya, Jumat (7/12).

Penghargaan tersebut diterima langsung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani. Surabaya berhasil mengungguli 14 kota dari berbagai dunia yang menjadi finalis dalam kompetisi bergengsi. Guangzhou Award diselenggarakan oleh United Cities and Local Governments (UCLG), World Association of the Major Metropolises (Metropolis), dan Pemerintah Kota Guangzhou.

"Penghargaan Guangzhou Award ini menekankan pada inovasi dan pencapaian penting kota-kota di seluruh dunia, serta pembangunan yang harmonis dan berkelanjutan," katanya.

Untuk Guangzhou Award 2018, kata dia, panitia telah menerima 273 aplikasi dari 193 kota di 66 negara. Dari jumlah tersebut, panitia kemudian menyeleksi dan memutuskan 15 finalis, dan membaginya ke dalam 4 kategori, yaitu "Accessible Cities", "Cooperative Cities" , "Inclusive Cities", dan "Resilient Cities".

"Surabaya dengan proyek 'Public Participation in 3R Waste Management for Better Surabaya', termasuk dalam kategori 'Cooperative Cities'," ujarnya..

Selain Surabaya, lanjut dia, kota-kota finalis lainnya adalah Sydney (Australia), Repentigny (Canada), Milan (Italy), eThekwini (South Africa), Guadalajara (Mexico), Utrecht (Netherlands), New York (USA), Yiwu (China), Santa Ana (Costa Rica), Kazan (Russia), Mezitli (Turkey), Santa Fe (Argentina), Salvador (Brazil), dan Wuhan (China).

Kelima belas kota finalis juga mempresentasikan proyek terpilih mereka dalam International Seminar "On Learning from Urban Innovation" pada 6 Desember 2018, di hadapan dewan juri dan ratusan peserta seminar.

"Ibu Tri Rismaharani mempresentasikan langsung proyek kota Surabaya," katanya.

Selain kota favorit, kata dia, dewan juri juga menentukan empat kota lainnya sebagai pemenang, yaitu Milan, Guadalajara, Wuhan, dan Mezitli.

Kota-kota tersebut berhasil mendapatkan Guangzhou Award berdasarkan tujuh aspek penilaian, antara lain orisinalitas program, dampak bagi masyarakat dan kota, serta spectrum partisipasi rakyat. (yul/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO