Minggu, 21 April 2019 18:00

Semen Indonesia Rangkul 500 Millennials untuk Berkarya

Jumat, 23 November 2018 23:23 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Semen Indonesia Rangkul 500 Millennials untuk Berkarya
Kepala Departemen Perencanaan dan Pengendalian Pemasaran Semen Indonesia Rudi Hartono (tengah) berfoto bersama para pemenang kompetisi Millennials Berkarya.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 500 anak muda usia 20 hingga 30-an berkumpul di Wisma A. Yani Gresik, Jumat (23/11/2018).

Kedatangan mereka untuk menghadiri malam penghargaan bertajuk Festival Millennials Berkarya yang diadakan oleh Semen Indonesia, dalam rangkaian gerakan Millennials Berkarya.

Millenials berkarya adalah gerakan yang diciptakan Semen Indonesia untuk segmen muda atau millenials, untuk memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitarnya.

Disebut gerakan karena millenial berkarya lebih dari sekadar program atau rencana, tapi itu juga program yang dapat diterapkan yang dapat menginspirasi orang lain dan dapat berjalan berkesinambungan.

Millennials berkarya dimulai tahun 2017, dan berjalan selama 2 tahun. Aktivitas Millennials Berkarya tahun 2017 - 2018 terdiri dari kompetisi proyek infrastruktur sosial, project visit, launching basecamp Millennials Berkarya, dan Festival Millennials Berkarya.

Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia Adi Munandir mengatakan, tahun 2017, Millennials Berkarya medapat ide dari 50 kelompok millennials untuk membangun proyek infrastruktur sosial, sedangkan di tahun 2018 ini Millennials Berkarya mendapat ide dari 300 kelompok millennials dari kalangan mahasiswa seluruh Indonesia.

Peningkatan antusiasme ini menunjukkan bahwa millennials di Indonesia merupakan generasi potensial harapan bangsa, penuh kreasi, dan dapat mengadaptasi perubahan.

Adi Munandir menambahkan, sejumlah ide ini lalu disaring menjadi sepuluh yang terbaik. Selanjutnya, kesepuluh penggagas ide terbaik mengikuti serangkaian acara kompetisi untuk menentukan dua terbaik.

Pemenang pertama diraih oleh tim Mascoturism dengan karya konservasi mangrove, produksi garam prisma kekinian, dan budidaya kepiting soka di Lamongan Jawa Timur.

Serta pemenang ke-2 dimenangkan Tim Muda Berkarya dengan karya rumah belajar untuk kaum disabilitas dan pemuda putus sekolah di Desa Jelutung, Bangka Belitung. "Pemenang pertama dan kedua berhak mendapat hadiah masing-masing 75 juta untuk pengembangan proyek," ujarnya.

Lebih lanjut Adi Munandir menjelaskan Semen Indonesia senantiasa dekat dengan masyarakat selaku pelanggan. Salah satunya adalah dengan merangkul generasi muda yang nantinya merupakan para calon pelanggan perusahaan di masa mendatang. "Kami sadar betul bahwa pada mereka (generasi muda) inilah harapan bangsa, harapan kita semua di masa depan. Peduli pada mereka adalah peduli pada masa depan Indonesia," terangnya.

Adi Munandir menjelaskan, melalui program Millennials Berkarya tersebut, Semen Indonesia merangkul generasi muda yang memiliki semangat untuk berkontribusi terhadap lingkungan dan menjadi agen perubahan. Kompetisi ini diikuti oleh anak muda dari berbagai latar belakang profesi, mulai dari mahasiswa, wirausahawan, komunitas sosial, hingga profesional muda.

Pada kegiatan festival millenials berkarya hari ini selain acara awarding, juga digelar kegiatan Talk Show dengan pembicara Kevin Hendrawan (TV Host & Youtuber), Fico Fachriza (Komika) dan Vikra Ijaz (Co-Founder Kitabisa.com) yang berbagi pengalaman seputar success story kehidupan mereka serta ada beberapa kegiatan lainnya seperti foodtruck, booth komunitas, mini class dan penampilan bintang tamu Pusakata. (hud/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...