​Pulang Kulakan Bensin Naik Bus, Jerigen Bensin Meledak, 40 Tewas Gosong Tak Bisa Dikenali

​Pulang Kulakan Bensin Naik Bus, Jerigen Bensin Meledak, 40 Tewas Gosong Tak Bisa Dikenali jauh utara selatan..... siapa yang nolong jika kebakaran begitu? foto: guardian

BULAWAYO, BANGSAONLINE.com – Minimnya SPBU di Zimbabwe, menjadikan kebutuhan bahan bakar hanya tersedia di kota-kota besar. Penduduk pun harus kulakan bahan bakar, dan membawa jerigen penuh bensin itu dalam umum. Tak pelak, dalam perjalanan menuju ke Bulawayo, Kota terbesar ke dua di Zimbabwe, jerigen penuh bensin milik penumpang meledak, di distrik Gwanda, barat daya Zimbabwe. Akibatnya, penuh sesak penumpang ini terbakar hebat, pada Kamis (15/11/2018) malam.

Sebanyak 40 penumpang tewas gosong, dan sedikitnya 24 lainnya terluka, banyak dengan luka bakar parah.

Juru bicara polisi, Charity Charamba, mengatakan, “ Tim pertolongan pertama Palang Merah Zimbabwe menerima panggilan kecelakaan mengerikan sekitar tengah malam, yang melibatkan Afrika Selatan. Sebanyak 24 orang dilarikan ke Rumah Sakit. 40 Mayat ridak bisa dikenali karena kondisinya gosong,” kata dia.

Insiden itu terjadi di distrik Gwanda, Matabeleland South, sekitar 340 mil selatan Harare, ibu kota Zimbabwe. Media pemerintah melaporkan kebakaran disebabkan jerigen bensin milik penumpang meledak. "Saat ini, kami tahu bahwa lebih dari 42 orang tewas," kata Charamba kepada Agence France-Presse. "Petugas polisi kami ada di TKP."

Zimbabwe Broadcasting Corporation menerbitkan gambar kendaraan yang hancur di jalan raya dari perbatasan Afrika Selatan yang menyeberang ke Bulawayo, kota terbesar kedua di Zimbabwe.

Pekan lalu, 47 orang tewas ketika dua bertabrakan di jalan antara Harare dan kota timur Rusape. Juga ada andil jerigen bensin yang dibawa penumpang. Presiden, Emmerson Mnangagwa, sejak itu menyerukan perbaikan keselamatan jalan.

Sumber: guardian

Lihat juga video 'Kecelakaan Bus Rosalia Indah vs Dump Truk di Brebes, Sopir Truk Meninggal Dunia':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO