Tafsir Al-Isra 8: Menyanyikan Lagu Indonesia Raya saat Wukuf di Arafah

Tafsir Al-Isra 8: Menyanyikan Lagu Indonesia Raya saat Wukuf di Arafah Ilustrasi

Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  

‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).

Menjadi viral saat ada rombongan umrah menyanyikan lagu Ya Lal Wathan, termasuk yang membacakan Teks Pancasila. Pemerintah Arab Saudi menyesalkan tragedi bodoh itu, begitu pula semua umat Islam yang berpikiran waras.

Persoalannya bukan pada ada dan tidaknya dalil sharih yang melarang hal tersebut, tapi lebih pada kepantasan dan tata etik di dalam al-masjid al-Haram tersebut. Al-mas'a (tempat sa'i, antara bukit Shafa dan bukit Marwah) boleh jadi anda yakini sebagai bukan termasuk di dalam masjid, tapi di luaran. Meski begitu, mas'a adalah lingkungan al-Haram, bagian dari bagian al-haram yang ditunjuk Tuhan sebagai lokasi ibadah sa'iy. Maka tak beda kehormatannya dengan al-masjid.

Dalam al-masy'ar al-haram seseorang diperintahkan untuk berdzikir sebanyak dan sekhusyu' mungkin. Bukan dengan nyanyian primordialistik Nahdliyah atau ikrar dasar negara tertentu. Larangan ada jahitan dalam pakaian ihram sesungguhnya isyarat pemurnian ibadah haji atau umrah bersih dari atribut-atribut budaya, apalagi simbol-simbol politik. Umrah dan haji diharap benar-benar miniatur akhirat.

Masjid-Nya juga dinamai al-Haram yang artinya sangat terhormat atau haram, menunjukkan bahwa hukumnya haram menodai kehormatan masjid itu. Al-Haram harus diperlakukan sesuai kehormatan dan kesuciannya, murni ibadah tidak yang lain. Apakah Nyanyian Ya Lal Watan itu sama dengan istighfar atau dzikir? Apakah Teks Pancasila itu sama dengan bertasbih?

Sebodoh-bodoh orang sepanjang perjalanan ibadah di tanah suci, baru kali ini ada orang Indonesia yang menampakkan ketololannya di pentas dunia. Mereka tidak memikirkan akibat dari apa yang mereka lakukan di era digital ini. Tanpa maksud merendahkan - lho kok ketepatan - yang melakukan nyanyian di mas'a tersebut orang nahdliyin, orang NU. Sungguh mencoreng nama baik NU dan umat Islam Indonesia di pentas dunia. Afa Allah 'amma salaf. Yang sudah ya sudah, kita petik sebagai pelajaran, yakni:

Sumber: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO