Sebulan, 52 Hektare Hutan di Pacitan Ludes Dilalap Api

Sebulan, 52 Hektare Hutan di Pacitan Ludes Dilalap Api Ilustrasi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan hektare hutan rakyat di Pacitan dalam sebulan terakhir hangus diamuk si jago merah. UPT Pengelolaan Hutan Wilayah (PHW) I mencatat, sedikitnya seluas 52 hektare hutan hak, ludes dilalap api dalam sebulan terakhir ini.

Pernyataan itu seperti dilontarkan Kepala UPT PHW 1 Pemprov Jatim, Wardoyo, Jumat (21/9). Menurut Wardoyo, dampak kerusakan hutan paling besar terjadi di Kecamatan Arjosari dan Tegalombo. Khususnya di Tegalombo, satu hamparan hutan seluas 10 hektar gosong jadi abu.

"Mayoritas penyebab kebakaran tersebut karena human error. Masyarakat tidak sengaja namun kurang waspada. Berawal dari bakar sampah, akhirnya menghanguskan seluruh isi hutan," jelasnya di Pacitan.

Meski mencapai puluhan hektare, akan tetapi secara menyeluruh kerusakan hutan hak akibat musibah kebakaran tersebut tak sampai 1 persen dari seluruh hutan rakyat yang tercatat seluas 74 ribu hektare.

"Sebenarnya tidak terlampau luas. Sebab jumlah hutan hak di Pacitan tercatat seluas 74 ribu hektare. Sedangkan hutan negara kita seluas 2 ribuan hektare lebih. Namun dampak kerugian secara ekonomi memang sangat dirasakan masyarakat. Terlebih mereka yang menanam sengon. Kalau tanaman kayu jati masih bisa diselamatkan," tukas dia. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO