​Kiai Asep: Berdosa Pilih Caleg Korupsi dan Tak Amanah

​Kiai Asep: Berdosa Pilih Caleg Korupsi dan Tak Amanah Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA saat menyampaikan taushiah di depan sekitar 600 warga NU dan Muslimat NU di Gedangan Sidoarjo Jawa Timur, Senin (20/8/2018). foto: bangsaonline.com

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, menegaskan bahwa berdosa jika masyarakat memilih calon legislatif (Caleg) yang sudah jelas-jelas diketahui tak amanah.

“Misalnya seseorang saat berada dalam bilik atau TPS (Tempat Pemungutan Suara) tahu bahwa caleg yang akan ia coblos tak amanah dan berpotensi korupsi tapi tetap dipilih karena dapat uang Rp 50 ribu, itu jelas dosa,” kata Kiai Asep Saifuddin Chalim saat menyampaikan taushiah pada acara Tasyakuran dan Istighatsah Kemenangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Gedangan Sidoarjo Jawa Timur, Senin malam (20/8/2018).

Dalam acara yang dihadiri sekitar 600 warga NU dan Muslimat NU itu hadir Wakil Ketua PCNU Kota Surabaya Drs KH Fathur Rochman, Pengurus MUI KH Abdul Rohim Zulkarnaen, dan Agus Diyar yang juga pengurus PCNU Kota Surabaya, serta Ustadz Siri, Ketua MWC NU Krembangan Surabaya.

Kiai Asep juga mengatakan bahwa munculnya kelompok Golongan Putih (Golput) akibat masyarakat tak percaya terhadap calon legislatif (caleg). Mereka menganggap calon anggota DPR yang maju pada Pileg sama saja dengan anggota-anggota DPR sekarang yang banyak ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Karena merasa tak ada pilihan mereka akhirnya golput dan tak mau memilih atau tak nyoblos,” kata Kiai Asep yang pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto.

Karena itu kiai milarder yang dikenal dermawan itu kini mendorong sejumlah kader NU dan Muslimat NU maju sebagai caleg. “Dengan munculnya kader-kader NU dan Muslimat NU yang saya minta maju sebagai caleg ini otomatis ada pilihan caleg amanah dan insyaallah tidak korupsi,“ kata Kiai Asep.

Siapa saja kader NU dan Muslimat NU yang direkomendasi Kiai Asep? Mereka ternyata hadir dalam acara yang berlangsung di depan rumah Munawir, salah satu tim sukses Khofifah-Emil itu. Antara lain: Muhammad Habibur Rochman, Bendahara Umum Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Pusat yang juga calon anggota DPR RI no 1 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Daerah Pemilihan (Dapil) Surabaya dan Sidoarjo. Gus Habib (panggilan Muhammad Habibur Rochman) adalah putra Kiai Asep Saifuddin Chalim.

Hadir juga EM Mas’ud Adnan, Direktur HARIAN BANGSA dan bangsaonline.com yang juga Caleg no 2 DPRD Provinsi Jawa Timur Dapil Surabaya. Alumni Pesantren Tebuireng dan Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair) ini juga berangkat dari PPP.

Begitu juga Ali Azhara, Bendahara IKAPMII Jatim. Ia juga Caleg no 2 PPP DPRD Jatim Dapil Sidoarjo. Selain itu tampak juga Supriadi serta Munawir yang juga Caleg PPP Kabupaten Sidoarjo. Hadir juga Suparno, caleg PPP Kota Surabaya. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dulu Banyak Sinis dan Tertawa, Kini Miliki 12.000 Santri, ini Ijazah Amalan Kiai Asep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO