Terkendala SDM, Pemkab Pacitan Kesulitan Akuisisi Obyek Wisata yang Masih Dikelola Pemdes

Terkendala SDM, Pemkab Pacitan Kesulitan Akuisisi Obyek Wisata yang Masih Dikelola Pemdes Budi Hartoko, Kabid Promosi Disparpora Pacitan. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sampai detik ini, masih banyak obyek wisata di Kabupaten Pacitan yang belum dikelola pemerintah daerah. Kebanyakan, wisata-wisata potensial itu masih dikelola pemerintah desa (pemdes).

Padahal, obyek wisata tersebut cukup menjanjikan untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Seperti wisata bukit Sentono Gentong di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku serta Banyu Tibo di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo.

Kabid Promosi Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora) setempat, Budi Hartoko mengungkapkan, bahwa mengakuisisi sejumlah obyek wisata yang dikelola pemerintah desa tak semudah membalikkan telapak tangan.

"Yang sembilan obyek wisata punya pemkab saja kita sangat terseok-seok, utamanya terkait kualitas sumber daya manusia (SDM). Sehingga untuk melakukan ekspansi, kita masih sangat kesulitan," ujarnya, Senin (20/8).

Meski diakuinya, belakangan obyek wisata Banyu Tibo sudah beberapa kali melakukan koordinasi agar pemkab bisa mengelola. Begitu pun wisata bukit Sentono Gentong yang belakangan ini sempat viral, juga berharap ke depannya bisa dikelola pemerintah kabupaten.

"Akan tetapi sekali lagi, kita masih banyak keterbatasan utamanya dari sisi SDM. Kalau soal anggaran, sebenarnya tidak ada kendala berarti," jlentreh pejabat eselon III B ini pada pewarta. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO