Minggu, 21 April 2019 02:10

Beri Layanan Rohani ke Pasien, RSUD Bangil Pasuruan MoU dengan Ponpes Sidogiri

Minggu, 19 Agustus 2018 19:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Supardi
Beri Layanan Rohani ke Pasien, RSUD Bangil Pasuruan MoU dengan Ponpes Sidogiri
Dr. Ghizali Humas RSUD Bangil dan pengurus Ponpes Sidogiri. Foto: SUPARDI/BANGSAWAN

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Hari Rabu tanggal 8 Agustus 2018 yang lalu merupakan hari yang bersejarah bagi RSUD Bangil dan Pondok Pesantren Sidogiri.

Pasalnya, pada hari itu di Aula gedung IASS ditandatangani MoU (Nota Kesepahaman) antara dua lembaga ini dalam hal pelayanan rohani kepada pasien di RSUD Bangil. Dari Ponpes Sidogiri diwakili oleh H. Achmad Sa'dullah Abd Alim, sedangkan dari RSUD Bangil oleh dr Mohammad Ghozali.

Pelayanan rohani sebenarnya bukan hal baru di lingkungan rumah sakit karena sudah biasa dikerjakan di rumah sakit yang berbasis religi, terutama RS Kristen. Untuk RS Pemerintah memang masih jarang yang menyelenggarakan, dan RSUD Bangil baru akan memulainya.

Tidak mudah menyelenggarakan pelayanan rohani karena diperlukan seseorang yang mengerti agama sekaligus paham kejiwaan orang sakit.

Di samping itu juga harus bisa kerjasama dengan dokter dan perawat yang menangani pasien tersebut. Kebutuhan akan pelayanan rohani dirasa sangat penting karena bisa memberi ketenangan batin tersendiri bagi pasien dan keluarganya.

Ketenangan batin ini bisa berdampak positif pada kesembuhan penyakitnya pasien. Literatur-literatur medis terbaru telah mengungkapkan hal ini.

Di samping itu juga karena pelayanan rohani sekarang sudah menjadi materi yang dinilai dalam akreditasi rumah sakit. Kabupaten Pasuruan masyarakatnya sangat religius, sudah sepantasnya jika RSUD Bangil mengakomodir kebutuhan masyarakat akan hal ini. 

Untuk kebutuhan tenaga pelaksana (ustaz) Ponpes Sidogiri tidak kesulitan, karena pondok ini gudangnya para ustaz dan alim ulama. 

Diperkirakan nanti akan ada dampak positip lainnya yaitu para pengunjung pasien bisa lebih tertib karena para ustaz yg terjun ke lapangan dengan sendirinya akan ikut menngedukasi para pengunjung. Apalagi jika mereka tahu para ustadnya berasal dari pondok pesantren Sidogiri. (par/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...