Senin, 19 Agustus 2019 07:21

Beri Layanan Rohani ke Pasien, RSUD Bangil Pasuruan MoU dengan Ponpes Sidogiri

Minggu, 19 Agustus 2018 19:57 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Supardi
Beri Layanan Rohani ke Pasien, RSUD Bangil Pasuruan MoU dengan Ponpes Sidogiri
Dr. Ghizali Humas RSUD Bangil dan pengurus Ponpes Sidogiri. Foto: SUPARDI/BANGSAWAN

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Hari Rabu tanggal 8 Agustus 2018 yang lalu merupakan hari yang bersejarah bagi RSUD Bangil dan Pondok Pesantren Sidogiri.

Pasalnya, pada hari itu di Aula gedung IASS ditandatangani MoU (Nota Kesepahaman) antara dua lembaga ini dalam hal pelayanan rohani kepada pasien di RSUD Bangil. Dari Ponpes Sidogiri diwakili oleh H. Achmad Sa'dullah Abd Alim, sedangkan dari RSUD Bangil oleh dr Mohammad Ghozali.

Pelayanan rohani sebenarnya bukan hal baru di lingkungan rumah sakit karena sudah biasa dikerjakan di rumah sakit yang berbasis religi, terutama RS Kristen. Untuk RS Pemerintah memang masih jarang yang menyelenggarakan, dan RSUD Bangil baru akan memulainya.

Tidak mudah menyelenggarakan pelayanan rohani karena diperlukan seseorang yang mengerti agama sekaligus paham kejiwaan orang sakit.

Di samping itu juga harus bisa kerjasama dengan dokter dan perawat yang menangani pasien tersebut. Kebutuhan akan pelayanan rohani dirasa sangat penting karena bisa memberi ketenangan batin tersendiri bagi pasien dan keluarganya.

Ketenangan batin ini bisa berdampak positif pada kesembuhan penyakitnya pasien. Literatur-literatur medis terbaru telah mengungkapkan hal ini.

Di samping itu juga karena pelayanan rohani sekarang sudah menjadi materi yang dinilai dalam akreditasi rumah sakit. Kabupaten Pasuruan masyarakatnya sangat religius, sudah sepantasnya jika RSUD Bangil mengakomodir kebutuhan masyarakat akan hal ini. 

Untuk kebutuhan tenaga pelaksana (ustaz) Ponpes Sidogiri tidak kesulitan, karena pondok ini gudangnya para ustaz dan alim ulama. 

Diperkirakan nanti akan ada dampak positip lainnya yaitu para pengunjung pasien bisa lebih tertib karena para ustaz yg terjun ke lapangan dengan sendirinya akan ikut menngedukasi para pengunjung. Apalagi jika mereka tahu para ustadnya berasal dari pondok pesantren Sidogiri. (par/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...