Wujudkan Kesetaraan WP, KPP Madya Sidoarjo Dilengkapi Areal Bermain Anak

Wujudkan Kesetaraan WP, KPP Madya Sidoarjo Dilengkapi Areal Bermain Anak RAMAH ANAK: Fasilitas area bermain anak sebagai perwujudan program Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kantor KPP Madya Sidoarjo, Kamis (2/8). Foto: MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Sidoarjo berupaya menciptakan keadilan dan kesetaraan bagi para Wajib Pajak (WP). Upaya itu diwujudkan melalui program Pengarusutamaan Gender (PUG). Melalui PUG, KPP Madya Sidoarjo kini dilengkapi sejumlah fasilitas.

Fasilitas itu di antaranya kids corner, ruangan ibu menyusui, nursey room, area parkir prioritas (bagi manula, ibu hamil dan disabilitas), poliklinik, hingga perpustakaan mini. “Berbagai fasilitas ini demi kenyamanan WP,” cetus Kepala KPP Madya Sidoarjo, Teguh Imam Wirotomo, Kamis (2/8).

Beragam fasilitas pendukung pelayanan ini disosialisasikan kepada perwakilan WP dan pihak terkait, Kamis (2/8). Peluncuran program PUG ini juga dihadiri diantaranya Unit PPA Polresta, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak Sidoarjo, RS Mitra Keluarga dan Puskesmas Gedangan.

Kata Teguh Imam Wirotomo, sejumlah fasilitas itu memang bertujuan memberikan kenyamanan bagi para WP. Misalnya area bermain anak, harapannya, WP yang sedang mengajak anaknya, bisa tetap nyaman mengurus pembayaran pajaknya.

Dengan fasilitas yang nyaman, diharapkan berdampak meningkatnya kepatuhan WP. Ketika mereka merasa nyaman, diyakini membayar pajak dengan baik. Tambahan fasilitas ini juga bekerjasama dengan pihak lain, misalnya layanan kesehatan yang mengandeng Puskesmas Gedangan.

Salah satu WP, Kristina Yunita, menyebut fasilitas perpustakaan yang dilengkapi internet memadai, mempermudah pengurusan pajak. “Misalnya ada berkas kurang dan sebagainya, tidak perlu kembali ke kantor. Cukup dikirim via email, lalu di sini bisa langsung download,” cetus General Manager PT Integra Indo Cabinet Tbk ini.

Di sisi lain, Kepala KPP Madya Sidoarjo, Teguh Imam Wirotomo juga menjelaskan soal capaian kinerja KPP Madya Sidoarjo. Kata dia, capaian kinerja sudah di angka Rp 4,2 triliun atau 49,65 persen dari target penerimaan pajak tahun 2018 yang totalnya mencapai Rp 8,435 triliun.

Sisa lima bulan, diyakini target tersebut bakal tercapai. "Angka capaian saat ini prosentasenya hampir sama dengan tahun lalu. Dan nanti di dua bulan terakhir bakal meningkat tajam pembayaran pajak dari WP di wilayah kami, seperti tahun kemarin,” beber Teguh.

Katanya, total WP di KPP Madya Sidoarjo sebanyak 1.300 WP. Dari jumlah itu, yang masuk wajib SPT sebanyak 1.030 WP. "Terbanyak WP dari sektor industri pengolahan. Mencapai 35 persen dari total WP yang ada,” pungkas Teguh Imam Wirotomo. (sta/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO