Truk Pengangkut Semen Terguling di Tamperan Pacitan

Truk Pengangkut Semen Terguling di Tamperan Pacitan Kondisi truk sebelum dilakukan evakuasi.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kondisi medan jalan yang menurun ditambah tikungan tajam, mengakibatkan satu truk tangki pengangkut semen curah terguling di ruas jalan Pacitan-Solo, tepatnya di seputaran Lingkungan Tamperan, Kelurahan Sidoharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, Sabtu (28/7) petang kemarin.

Kejadian berawal saat salah satu dari tiga rombongan truk tangki pengangkut semen dari Tuban tujuan Arjosari tersebut melintas di jalur Tamperan Pacitan sekitar pukul 15.30 WIB. Saat tiba di pertigaan pelabuhan, truk tiba-tiba oleng dan terguling.

Akibat peristiwa ini, badan truk menghantam sebuah pagar rumah milik warga sekitar hingga ambrol. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp 50 juta.

"Saya tidak tahu, tiba-tiba ada cahaya melintas di depan saya. Saya silau langsung banting stir ke kanan dan truk terguling," kata Kadis, sopir truk asal Lamongan tersebut.

Truk tangki pengangkut semen curah seberat 28 ton ini menurut pengakuan salah satu saksi mata melintas cukup kencang saat menurun melewati tikungan. Karena beban sangat berat, rem truk diduga terlalu panas sehingga tidak bisa bekerja maksimal, hingga akhirnya selip dan oleng.

"Belum jelas penyebab pastinya. Namun menurut keterangan saksi, truk terlalu kencang dan oleng. Sempat tercium bau gosong keluar dari kampas rem. Saat ini sopir masih syok. Jadi belum bisa dimintai keterangan secara detail," jelas Bripka Nanang Setiawan, Satuan Lalu Lintas Polres Pacitan.

Sementara itu, guna menghindari adanya kecelakaan susulan lantaran tumpahan solar dan oli dari truk yang terguling, petugas pemadam kebakaran diturunkan untuk membersihkannya dengan cara menyiram air bertekanan. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO