Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Pasuruan Gelar Razia

Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Pasuruan Gelar Razia Kaur Regident Iptu Yudhi Anugrah Putra. SIK., MH didampinggi Iptu Gede Sukaana saat memeriksa kelengkapan pengendara.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Upaya Satlantas Polres Pasuruan, Jawa Timur. untuk menekan angka kecelakaan Lalu lintas terus dilakukan, seperti pagi tadi (27/7) dengan menggelar razia rutin. Dari pantauan, puluhan kendaraan roda dua maupun roda empat berhasil terjaring dalam razia tersebut.

Satu per satu kendaraan yang melintas dari arah timur ke barat dan juga sebaliknya di Jalan Gajah Mada maupun Jalan A. Yani, tepatnya di simpang lima Pengadean Bangil, diperiksa kelengkapan surat-suratnya.

Kasat Lantas Polres pasuruan AKP. Erika Purnama Putra., S.I.K saat dikonfirmasi melalui Kanit Turjawali, Iptu Gede Sukaana mengatakan, razia merupakan program rutin jajaran Satlantas sebagai tindakan preventif menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain itu, juga untuk meningkatkan kesadaran para pengendara agar tertib berlalu lintas.

“Kecelakaan bermula dari tidak tertibnya dalam berkendara,” kata dia.

Ada sebanyak 75 pelanggar yang terjaring dalam razia itu dengan berbagai kesalahan. Seperti, pelanggaran tak mengenakan helm 54 orang, tidak bisa menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) 5 orang, dan pengendara yang tidak bisa meunjukkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebanyak 20 orang.

“Selain itu, ada sejumlah jenis kendaraan yang juga berhasil diamankan petugas. Di antaranya sepeda motor 68 unit, kendaraan roda empat 10 unit. Semua pengendara yang dinyatakan melanggar tetap dikenakan e-tilang sesuai undang-undang lalu lintas. Hal tersebut, untuk menghindari praktek pungli,” jelas Gede Sukaana saat dikonfirmasi usai giat operasi.

“Hingga saat ini jumlah laka lantas ada 17 kasus, yang seluruhnya disebabkan karena tidak tertibnya pengendara dalam berkendara. Alhamdulillah, di banding tahun kemarin sama tahun ini menurun derastris,” imbuhnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat agar selalu tertib dalam berkendara, selalu menyiapkan kelengkapan berkendara seperti surat surat kendaraan, maupun helm bagi keselamatan pengendara itu sendiri. (psr4/par/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO