Terjaring Razia Kestib, Puluhan Angkutan Umum dan Barang Ditilang

Terjaring Razia Kestib, Puluhan Angkutan Umum dan Barang Ditilang Operasi angkutan umum di terminal Cargo Beji oleh Dishub Provinsi Jatim.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya, Dinas Perhubungan Provinsi Jatim menggelar operasi gabungan di jalan raya Beji Kabupaten Pasuruan, tepatnya di terminal kargo, Senin (16/09). Operasi yang digelar pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB itu menyasar kendaraan atau angkutan umum serta angkutan barang yang tidak memenuhi persyaratan dan laik jalan.

Menurut keterangan Kasi Pengendalian Operasional UPT LLAJ Probolinggo Dishub Jatim Muhamad Binsar Siregar, tujuan utama dalam operasi ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kendaraan tidak memenuhi teknis dan standart keselamatan.

Dalam operasi tersebut, pihak Dishub Provinsi mengerahkan sedikitnya 50 personel gabungan mulai dari Kepolisian, PM, Dishub Kabupaten. "Kendaraan yang terjaring operasi Kestib (Kesadaran Tertib, Red) di antaranya karena tidak memiliki kelengkapan persyaratan. Mereka langsung dikenakan penilangan. Ada 29 kendaraan yang ditilang karena melakukan pelanggaran," jelasnya.

Beberapa persyaratan teknis dan standar keselamatan yang dilanggar itu di antaranya ukuran dimensi bak kendaraan tidak sesuai dengan buku Kir, izin operasional, sabuk keselamatan, uji Kir mati, serta tak melengkapi surat kendaraan. (bib/par/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO